Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah

Authors

  • M. Husnaini Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia
  • Luluk Makrifatul Madhani Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1047

Abstract

Kehadiran Artificial Intelligence atau AI ini memberikan pengaruh pada berbagai bidang kehidupan. Salah satu produk dari AI ialah ChatGPT yang merupakan produk dari perusahaan nonprofit, yakni OpenAI yang berdiri pada tahun dua ribu lima belas. Kehadiran ChatGPT mendapatkan berbagai respons dari masyarakat, terkhusus pada bidang akademik yang memperdebatkan penggunaan ChatGPT. Penggunaan ChatGPT dikhawatirkan dapat mengancam integritas akademik, sedangkan di sisi lain ada yang berpendapat ChatGPT dapat memudahkan pekerjaan dalam dunia akademik. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah meneliti bagaimana perspektif mahasiswa sebagai salah satu pengguna ChatGPT dalam bidang akademik yang saat ini marak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara. Wawancara dilakukan secara medalam menggunakan pertanyaan terbuka untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perspektif mahasiswa mengenai ChatGPT dapat meningkatkan kualitas pendidikan jika dimanfaatkan secara tepat, yakni dengan tidak melakukan copy paste dan melakukan analisis kritis. Sehingga degan seperti itu ChatGPT dapat menurukan kualitas pendidikan jika digunakan secara tidak tepat, karena ChatGPT ini dapat menimbulkan potensi untuk malas berfikir sehingga membentuk generasi-generasi yang rapuh karena adanya kemudahan teknologi. Dalam penggunaan yang tepat ChatGPT dapat menjadi sumber belajar interaktif dan memberikan bermacam informasi dengan sangat cepat melalui interaksi pada chatbot.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifdarma, I. (2023). PENGARUH TEKNOLOGI CHAT GPT TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN : 4(1), 56–66.

Bakrie, U. (2023). Apa itu Chat GPT? Bagaimana Cara Pakainya? Kepoin Selengkapnya! Bakrie.Ac.Id. https://bakrie.ac.id/articles/431-apa-itu-chat-gpt-bagaimana-cara-pakainya-kepoin-selengkapnya.html

Brown, T. B., Mann, B., Ryder, N., Subbiah, M., Kaplan, J., Dhariwal, P., Neelakantan, A., Shyam, P., Sastry, G., Askell, A., Agarwal, S., Herbert-Voss, A., Krueger, G., Henighan, T., Child, R., Ramesh, A., Ziegler, D. M., Wu, J., Winter, C., … Amodei, D. (2020). Language models are few-shot learners. Advances in Neural Information Processing Systems, 2020-Decem.

Diwaker, C., Sharma, A., & Tomar, P. (2020). Artificial Intelligence in Higher Education and Learning. 62–72. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-4763-2.ch004

Firat, D. M. (2023). How Chat GPT Can Transform Autodidactic Experiences and Open Education? 2(5), 255. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ge8m

Harrison, H., Birks, M., Franklin, R., & Mills, J. (2017). Case study research: Foundations and methodological orientations. Forum Qualitative Sozialforschung, 18(1). https://doi.org/10.17169/fqs-18.1.2655

Hill-Yardin, E. L., Hutchinson, M. R., Laycock, R., & Spencer, S. J. (2023). A Chat(GPT) about the future of scientific publishing. Brain, Behavior, and Immunity, 110(March), 152–154. https://doi.org/10.1016/j.bbi.2023.02.022

LeCun, Y., Bengio, Y., & Hinton, G. (2015). Deep learning. Nature, 521(7553), 436–444.

Matheus Bertelli. (2013). Penggunaan ChatGPT tak perlu dilarang: layanan AI bisa mendukung riset dan pendidikan. The Conversation. https://theconversation.com/penggunaan-chatgpt-tak-perlu-dilarang-layanan-ai-bisa-mendukung-riset-dan-pendidikan-201686

McCarthy, J. (2007). What Is Artificial Intelligence Anyway. American Scientist, 73(3), 258.

Raspati, B. (2023). Mengetahui Sang Pencipta Chat GPT: Sejarah dan Peran Penting OpenAI dalam Inovasi Language Model Terkini. Mediapriangan.Com. https://www.mediapriangan.com/tekno/5928370220/mengetahui-sang-pencipta-chat-gpt-sejarah-dan-peran-penting-openai-dalam-inovasi-language-model-terkini

Saldana, Miles, M.B, Huberman, A. . (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Sallam, M. (2023). Practice : Systematic Review on the Promising Perspectives and Valid Concerns. Ml.

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Stevani, E. G. (2023, April). Makin Ngeri! Chat GPT Pecahkan Rekor Pertumbuhan di Internet, 100 Juta Pengguna Hanya Dalam 2 Bulan. TribunJatim.Com, 1. https://jatim.tribunnews.com/2023/04/09/makin-ngeri-chat-gpt-pecahkan-rekor-pertumbuhan-di-internet-100-juta-pengguna-hanya-dalam-2-bulan

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248

Supriyadi, E. (2022). Eksplorasi Penggunaan ChatGPT dalam Penulisan Artikel Pendidikan Matematika. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 1(2), 54–68. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i2.255

Yahya, R. N., Azizah, S. N., & Herlambang, Y. T. (2024). Pemanfaatan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa: Sebuah Tinjauan Etika Teknologi dalam Perspektif Filsafat. UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.30812/upgrade.v1i2.3481

Zhai, X. (2022). ChatGPT User Experience: Implications for Education. Business Insider India.

Downloads

Published

2024-07-07

How to Cite

Husnaini, M., & Madhani, L. M. (2024). Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah. Journal of Education Research, 5(3), 2655–2664. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1047

Issue

Section

Articles