Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1047Abstract
Kehadiran Artificial Intelligence atau AI ini memberikan pengaruh pada berbagai bidang kehidupan. Salah satu produk dari AI ialah ChatGPT yang merupakan produk dari perusahaan nonprofit, yakni OpenAI yang berdiri pada tahun dua ribu lima belas. Kehadiran ChatGPT mendapatkan berbagai respons dari masyarakat, terkhusus pada bidang akademik yang memperdebatkan penggunaan ChatGPT. Penggunaan ChatGPT dikhawatirkan dapat mengancam integritas akademik, sedangkan di sisi lain ada yang berpendapat ChatGPT dapat memudahkan pekerjaan dalam dunia akademik. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah meneliti bagaimana perspektif mahasiswa sebagai salah satu pengguna ChatGPT dalam bidang akademik yang saat ini marak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara. Wawancara dilakukan secara medalam menggunakan pertanyaan terbuka untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perspektif mahasiswa mengenai ChatGPT dapat meningkatkan kualitas pendidikan jika dimanfaatkan secara tepat, yakni dengan tidak melakukan copy paste dan melakukan analisis kritis. Sehingga degan seperti itu ChatGPT dapat menurukan kualitas pendidikan jika digunakan secara tidak tepat, karena ChatGPT ini dapat menimbulkan potensi untuk malas berfikir sehingga membentuk generasi-generasi yang rapuh karena adanya kemudahan teknologi. Dalam penggunaan yang tepat ChatGPT dapat menjadi sumber belajar interaktif dan memberikan bermacam informasi dengan sangat cepat melalui interaksi pada chatbot.
Downloads
References
Arifdarma, I. (2023). PENGARUH TEKNOLOGI CHAT GPT TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN : 4(1), 56–66.
Bakrie, U. (2023). Apa itu Chat GPT? Bagaimana Cara Pakainya? Kepoin Selengkapnya! Bakrie.Ac.Id. https://bakrie.ac.id/articles/431-apa-itu-chat-gpt-bagaimana-cara-pakainya-kepoin-selengkapnya.html
Brown, T. B., Mann, B., Ryder, N., Subbiah, M., Kaplan, J., Dhariwal, P., Neelakantan, A., Shyam, P., Sastry, G., Askell, A., Agarwal, S., Herbert-Voss, A., Krueger, G., Henighan, T., Child, R., Ramesh, A., Ziegler, D. M., Wu, J., Winter, C., … Amodei, D. (2020). Language models are few-shot learners. Advances in Neural Information Processing Systems, 2020-Decem.
Diwaker, C., Sharma, A., & Tomar, P. (2020). Artificial Intelligence in Higher Education and Learning. 62–72. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-4763-2.ch004
Firat, D. M. (2023). How Chat GPT Can Transform Autodidactic Experiences and Open Education? 2(5), 255. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ge8m
Harrison, H., Birks, M., Franklin, R., & Mills, J. (2017). Case study research: Foundations and methodological orientations. Forum Qualitative Sozialforschung, 18(1). https://doi.org/10.17169/fqs-18.1.2655
Hill-Yardin, E. L., Hutchinson, M. R., Laycock, R., & Spencer, S. J. (2023). A Chat(GPT) about the future of scientific publishing. Brain, Behavior, and Immunity, 110(March), 152–154. https://doi.org/10.1016/j.bbi.2023.02.022
LeCun, Y., Bengio, Y., & Hinton, G. (2015). Deep learning. Nature, 521(7553), 436–444.
Matheus Bertelli. (2013). Penggunaan ChatGPT tak perlu dilarang: layanan AI bisa mendukung riset dan pendidikan. The Conversation. https://theconversation.com/penggunaan-chatgpt-tak-perlu-dilarang-layanan-ai-bisa-mendukung-riset-dan-pendidikan-201686
McCarthy, J. (2007). What Is Artificial Intelligence Anyway. American Scientist, 73(3), 258.
Raspati, B. (2023). Mengetahui Sang Pencipta Chat GPT: Sejarah dan Peran Penting OpenAI dalam Inovasi Language Model Terkini. Mediapriangan.Com. https://www.mediapriangan.com/tekno/5928370220/mengetahui-sang-pencipta-chat-gpt-sejarah-dan-peran-penting-openai-dalam-inovasi-language-model-terkini
Saldana, Miles, M.B, Huberman, A. . (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Sallam, M. (2023). Practice : Systematic Review on the Promising Perspectives and Valid Concerns. Ml.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Stevani, E. G. (2023, April). Makin Ngeri! Chat GPT Pecahkan Rekor Pertumbuhan di Internet, 100 Juta Pengguna Hanya Dalam 2 Bulan. TribunJatim.Com, 1. https://jatim.tribunnews.com/2023/04/09/makin-ngeri-chat-gpt-pecahkan-rekor-pertumbuhan-di-internet-100-juta-pengguna-hanya-dalam-2-bulan
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Supriyadi, E. (2022). Eksplorasi Penggunaan ChatGPT dalam Penulisan Artikel Pendidikan Matematika. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 1(2), 54–68. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i2.255
Yahya, R. N., Azizah, S. N., & Herlambang, Y. T. (2024). Pemanfaatan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa: Sebuah Tinjauan Etika Teknologi dalam Perspektif Filsafat. UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.30812/upgrade.v1i2.3481
Zhai, X. (2022). ChatGPT User Experience: Implications for Education. Business Insider India.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Husnaini, Luluk Makrifatul Madhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).