Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Guru PAI

Authors

  • Mohammad Auliya Rizqy Akbar Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Izza Safitri Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Evi Fatimatur Rusydiyah Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1040

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran, Mind Mapping

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan vital dalam kehidupan manusia, yang tidak hanya mengembangkan potensi fisik dan intelektual, tetapi juga mempersiapkan individu untuk menghadapi tantangan hidup. Pendidikan Islam, khususnya, memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan perilaku individu Muslim. Namun, tantangan dalam pembelajaran PAI, seperti kurangnya minat siswa dan metode pembelajaran yang monoton, menyoroti perlunya pendekatan inovatif seperti mind mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan penerapan mind mapping dalam pembelajaran PAI dari perspektif guru. Hasilnya menunjukkan bahwa metode ini cukup baik dilaksanakan oleh guru. Namun pelaksanaan tersebut memiliki tantangan yaitu :, seperti kurangnya minat siswa dan persiapan materi . Faktor pendukung termasuk kebebasan siswa untuk berpartisipasi dan kemudahan pemahaman materi. Kesimpulannya, mind mapping adalah alat yang efektif untuk menjadikan siswa aktif terlibat dalam pembelajaran dan pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Ibrahim, M. T., Safitri, I., Agustina, N. M., Elyana, L., Saksono, H., SI, M., Widodo, T. W., Khoiri, A., & Abroto, S. P. (2024). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cendikia Mulia Mandiri.

Annisa, R., Subali, B., & Heryanto, W. P. (2018). Peningkatan daya ingat dan hasil belajar siswa dengan mind mapping method pada materi listrik dinamis. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 3(1), 19–23.

Asrori, A., & Rusman, R. (2020). Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Pendekatan Filsafat Islam Klasik. Pustaka Learning Center.

Baeti, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 58–62.

Bhagaskara, A. E., Firdausi, A. K., & Syaifuddin, M. (2021). Penerapan media webquest berbasis google sites dalam pembelajaran masa pandemi covid-19 di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 104–119.

Buzan, T. (2006). Mind mapping. Pearson Education.

Dzarna, & Anita. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Guru-Guru di MI Miftahul Ulum Kranjingan Jember. Abdi Indonesia, 1(2), 95–103.

Ekawati, N. M., & Kusumaningrum, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 31–35.

Elita, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 177–182.

Erwanda, R. O. D., Malaikosa, Y. M. L., & Wana, P. R. (2022). Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di Sdn Karangbanyu 1. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 134–143.

Hidayat, M. C., & Arifin, S. (2020). Integration Science Technology with Islamic Values: Empowering Education Model. 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019), 966–970.

Idris, Z. (1983). Dasar-dasar kependidikan. (No Title).

Imaduddin, M. C., & Utomo, U. H. N. (2012). Efektifitas metode mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada siswa kelas VIII. Humanitas, 9(1), 62.

Karim, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map Pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3098

Kurniawati, D. D. (2010). Pengaruh Metode Mind Mapping Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kustian, N, G. (2021). ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik Vol 1. No 1. Agustus 2021 30. Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37.

Kustian, N. G. (2021). Penggunaan Metode Mind Maping Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Viii B Semester Ii Smp Negeri 1 Bojonggenteng Tahun Pelajaran 2017/2018. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(1), 9–15.

Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2018). Analisis interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas vii smp negeri 15 kota bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270–282.

Ma’ruf, A. H., Syafii, M., & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran mind mapping berbasis HOTS terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 503–514.

Marxy, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 173–182.

Miles, H., & Huberman, A. M. (2016). Saldana.(2014). Qualitative data analysis. A Methods Sourcebooks, Edition, 3.

Muhammad Ahsan, (2024).

Nasih, A. M., & Kholidah, L. N. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung, PT. Refika Aditama.

Nurhidayatullah D, Erwan, & Abdul Wahid. (2021). Implementasi Penerapan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Di Smp Negeri 23 Makassar. Proficio, 2(02), 44–57. https://doi.org/10.36728/jpf.v2i02.1529

Oktaviana, A. N., & Trimulyono, G. (2018). Kelayakan Teoritis Media Video Mind Mapping untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X pada Materi Fungi. Jurnal BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 187–193.

Rachman, A., & Sahri, I. K. (2021). Model Pembelajaran di PDF ULYA Al Fithrah di Masa Pandemi. Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 208–212.

Rahayu, R. (2016). Peningkatan karakter tanggung jawab siswa SD melalui penilaian produk pada pembelajaran mind mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Ridlwan, M., & Asrori, A. (2022). Problems of Implementation of Islamic Religious Education at Muhammadiyah Junior High School 4 Gadung Surabaya. Proceedings of the International Conference on Islamic and Muhammadiyah Studies (ICIMS 2022), 676(Icims), 312–318. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220708.039

Rosyidah, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS di kelas Via SDN Krecek 1 Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(1), 66–70.

Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi Pembelajaran: implementasi pembelajaran era 4.0. UIN Sunan Ampel Press Surabaya.

Safitri, I. (2024). Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Digital Game-Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah Nu Maarif Assaadah Bungah Gresik. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 4(1), 185–192.

Safitri, I., Wulandari, O., Ardhana, I. A., Masithoh, A. D., & Aprilianto, M. A. (2024). From Tradition to Tech the Cultural Evolution of Student Learning in the Era of Artificial Intelligence Shophistication. Journal of Education Research, 5(1), 504–512.

Saputra, J., Triyogo, A., & Frima, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5133–5141.

Seminar, P., Penelitian, N., Pengabdian, D. A. N., & Masyarakat, K. (2023). Analisis Penerapan Metode Mind Mapping Materi Perkembangan Ppkn Di Indonesia Pada SD / MI Maha Lastasa Buju Basafpipana Habaridota PGMI FTIK , Institut Agama Islam Negeri Pontianak , Jalan Letjend Soeprapto No . 19 Pontianak Alamat e-mail mahalastasa@iain. 20, 213–219.

Setyarini, D. (2018). Metode pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar, 6(2), 30–44.

Sitanggang, K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Menelaah Ketentuan Konstitusional Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Di Kelas Xi Mipa 3 Sman 2 Bogor. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 49. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4674

Sri Wahyuni, (2024).

Suardinata, I. K. (2021). Unit kegiatan belajar mandiri jitu pembelajaran daring bermutu di masa pandemi. Strategy: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 17–23.

sugiyono. (1 B.C.E.). Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D(Cet. I). Bandung: Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D(Cet. I).

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suhada, S., Bahu, K., & Amali, L. N. (2020). Pengaruh metode pembelajaran mind map terhadap hasil belajar siswa. Jambura Journal of Informatics, 2(2), 86–94.

Sulichah, E. (2018). Efektivitas model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari motivasi belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 71–77.

Supandi, & Ahmad. (2019). Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Perpektif Humanisme Di MA Miftahul Qulub Galis Pamekasan. Ejournal.Unuja.a.Id, 3(1), 115–127.

Surya, I. G., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Model CLIS terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD di Gugus X Kecamatan Kintamani. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 56. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19335

Suryani, N., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar: Yogyakarta. Penerit Ombak.

Sutanto Windura, B. L. I. (2013). Mind Map Langkah Demi Langkah. Elex Media Komputindo.

Tang, M. (2018). Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Merespon Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 717–740. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3173

Triana, R., Asrin, A., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Di Sdn 2 Wakul Dan Sdn Gerintuk. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(1), 11–18.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Umi, N. (2008). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Empat.

Wati, N. N. K. (2021). Dampak Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 5(4), 440–446.

Wicaksana, R. B. (2012). Penerapan Pembelajaran IPA dengan Strategi Mind Mapping (Peta Pikiran) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN 3 Madiun. Pensa E-Jurnal, 9–25.

Widiyono. (2021). Mind Mapping Strategi Yang Menyenangkan. In Lima Aksara.

Zuhdiana, A. A., & Mawartningsih, L. (2017). Penerapan model pembelajaran mind mapping dengan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 14(1), 604–610.

Downloads

Published

2024-05-23

How to Cite

Akbar, M. A. R., Safitri, I., & Rusydiyah, E. F. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Guru PAI. Journal of Education Research, 5(2), 1899–1910. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1040

Issue

Section

Articles

Citation Check