Pengaruh Kegiatan Montase terhadap Kreativitas Usia Dini

Authors

  • Ranti Raudatul Jannah Ranti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Rakimahwati Rakimahwati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.104

Keywords:

Kegiatan Montase, Kreativitas, Anak Usia Dini

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah anak meniru media yang ada saat mengembangkan kegiatan yang ditawarkan, anak masih belum mengetahui cara mengembangkan ide baru dan belum berani mencoba hal yang kreatif, anak kurang semangat dan minat dalam kegiatan bermain. Masih minimnya kegiatan baru yang bisa mendorong kreativitas anak. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui pengaruh kegiatan perakitan terhadap kreativitas anak usia dini di TK Pertiwi Koto Hilalang. Hasil analisis data eksploratif menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas pre serta post test berdistribusi normal dan homogen. nilai sig (2-tailed) adalah 0.040˂0.05, jadi Ho diterima serta Ha ditolak. Dari sini bisa disimpulkan jika pada kelas eksperimen ada perbedaan yang signifikan antara aktivitas perakitan peneliti pada kelas eksperimen dengan aktivitas montase pada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suhartini. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosda.

Fitria, Ayu. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini. Vol 5. No 2.

Khadijah, Khadijah (2015) Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing. ISBN 978-602-8935-80-7 diambil dari: http://repository.uinsu.ac.id/224/

Mulianah Khaironi. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. Vol. 3. No. 1. Hal. 1.12. NTB: Universitas Hamzamwadi diambil dari:

Https://E-Journal.Hamzanwadi.Ac.Id/Index.Php/Jga/Article/View/739

Munawara, Raodatul. 2016. Hubungan Kegiata Montase Dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B1 Tk Alkhairaat Tondo Palu. Palu: Bungamputi.

Mursanib, Muraeni dan Andi Nurul Qalbi. 2020. Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kreativitas Anak. Jurnal Bungamputi. Vol 6. No 1. Di kunjungi pada tanggal 17 april 2022 di http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/17702

Ni’ma dkk. 2021. Pengembangan Media Montase Berbhan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal. Vol 08. No 1. E-ISSN 2721-7310. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Rachmi Titi dan Mutia Herdana. 2018. Optimalisasi Kreativitas Anak Melalui Aktivitas Montase Pada Usia Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol 3. No 3. E-ISSN 2548-1398. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang

Sugiono. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryana, Dadan, 2018. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Vidya. Diana Fakhriyani. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Madura: Universitas Madura. Wacana Didaktika. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains. Vol. 4. No. 2. e-ISSN: 2579-8464

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Ranti, R. R. J., & Rakimahwati, R. (2023). Pengaruh Kegiatan Montase terhadap Kreativitas Usia Dini. Journal of Education Research, 3(4), 186–191. https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.104

Citation Check