Pengaruh Kegiatan Montase terhadap Kreativitas Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.104Keywords:
Kegiatan Montase, Kreativitas, Anak Usia DiniAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah anak meniru media yang ada saat mengembangkan kegiatan yang ditawarkan, anak masih belum mengetahui cara mengembangkan ide baru dan belum berani mencoba hal yang kreatif, anak kurang semangat dan minat dalam kegiatan bermain. Masih minimnya kegiatan baru yang bisa mendorong kreativitas anak. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui pengaruh kegiatan perakitan terhadap kreativitas anak usia dini di TK Pertiwi Koto Hilalang. Hasil analisis data eksploratif menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas pre serta post test berdistribusi normal dan homogen. Dari sini bisa disimpulkan jika pada kelas eksperimen ada perbedaan yang signifikan antara aktivitas perakitan peneliti pada kelas eksperimen dengan aktivitas montase pada kelas kontrol.
Downloads
References
Arikunto Suhartini. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosda.
Fitria, Ayu. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini. Vol 5. No 2.
Khadijah, Khadijah (2015) Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing. ISBN 978-602-8935-80-7 diambil dari: http://repository.uinsu.ac.id/224/
Mulianah Khaironi. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. Vol. 3. No. 1. Hal. 1.12. NTB: Universitas Hamzamwadi diambil dari:
Https://E-Journal.Hamzanwadi.Ac.Id/Index.Php/Jga/Article/View/739
Munawara, Raodatul. 2016. Hubungan Kegiata Montase Dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B1 Tk Alkhairaat Tondo Palu. Palu: Bungamputi.
Mursanib, Muraeni dan Andi Nurul Qalbi. 2020. Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kreativitas Anak. Jurnal Bungamputi. Vol 6. No 1. Di kunjungi pada tanggal 17 april 2022 di http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/17702
Ni’ma dkk. 2021. Pengembangan Media Montase Berbhan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal. Vol 08. No 1. E-ISSN 2721-7310. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo
Rachmi Titi dan Mutia Herdana. 2018. Optimalisasi Kreativitas Anak Melalui Aktivitas Montase Pada Usia Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol 3. No 3. E-ISSN 2548-1398. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Sugiono. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryana, Dadan, 2018. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Vidya. Diana Fakhriyani. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Madura: Universitas Madura. Wacana Didaktika. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains. Vol. 4. No. 2. e-ISSN: 2579-8464
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ranti Raudatul Jannah Ranti, Rakimahwati Rakimahwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).