Implementasi dan Dampak Program Sekolah Ramah Anak di Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1039Keywords:
Implementasi, Dampak Kebijakan, Sekolah Ramah AnakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah; mendeskripsikan implementasi, kebijakan, dan dampak dari program Sekolah Ramah Anak ata SRA. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti memilih informan yang berperan dalam terwujudnya SRA di Madrasah Tsanawiyah Negeri atau MTsN Samarinda. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian peneliti analisis menggunakan Miles, Huberman dan Saldana. Hasil temuan implementasi program SRA di MTsN Samarinda telah berjalan dengan baik, hal ini dapat dibuktikan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pihak terkait melalui pemenuhan indikator SRA yakni: adanya kebijakan SRA, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih konvensi hak anak, proses pembelajaran, sarana dan prasarana, partisipasi anak, dan partisipasi orangtua/wali, alumni, organisasi kemasyarakatan, dan dunia usaha. Selain itu, terdapat dampak positif dari pelaksanaan program SRA yakni, dapat meningkatkan prestasi peserta didik, membentuk karakter peserta didik, memberi pengetahuan tentang responsif gender, dan mampu memberikan kenyamanan, dan keamanan bagi peserta didik.
Downloads
References
Amrullah, M., & Hikmah, K. (2019). Pendidikan Ramah Anak dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1883
Anavia, T. (2021). Manajemen sekolah ramah anak di sekolah dasar negeri 47 telanaipura kota jambi skripsi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Borualogo, I. S., & Casas, F. (2019). Adaptation and Validation of The Children’s Worlds Subjective Well-Being Scale (CW-SWBS) in Indonesia. Jurnal Psikologi, 46(2), 102–116. https://doi.org/10.22146/jpsi.38995
Cresswell, J. W. (2017). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Belajar.
Dewi, I. K. (2022). Menuju Samarinda Kota Layak Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Kota Samarinda Lakukan Deklarasi Sekolah. https://dp2pa.samarindakota.go.id/berita/berita-lokal/pemantapan-samarinda-menyongsong-kota-layak-anak-2024
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Samarinda. (2023). Indikator Program Sekolah Ramah Anak.
Dion. (2022). Kantor Kemenag Gresik Inisiasi Sekolah Ramah Anak Bersama Dinas KBPP dan PA. Kementerian Agama Kabupaten Gresik. https://gresik.kemenag.go.id/berita-terkini?page=Kantor Kemenag Gresik Inisiasi Sekolah Ramah Anak Bersama Dinas KBPP dan PA
Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 33. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086
Fitriya, S., Hidayat, R., & Rizki, M. F. (2021). Implementasi Kota Layak Anak Melalui Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di Kota Bekasi. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(4), 377–390. https://doi.org/10.31599/jki.v21i4.760
Hajaroh, M., Purwastuti, L. A., Rukiyati, & Saptono, B. (2021). Difusi Model Perumusan Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Tingkat Satuan Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 5(1), 14–30.
Jannah, R. U., Ahdi, M. W., & Lilawati, E. (2022). Pengaruh Program Sekolah Ramah Anak terhadap Moralitas Peserta Didik Kelas XI di MAN 9 Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 5(1), 42–46. https://doi.org/10.32764/joems.v5i1.655
John W Creswell. (2013). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (A. Fawaid (ed.); Tiga). Pustaka Belajar.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2012). Buku Saku : Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).
Mulya, D. A. (2019). Analisis Dampak Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SDN 47/IV Kota Jambi. https://repository.unja.ac.id/7760/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/7760/1/BAB I DAN V.pdf
Nana Syaodih Sukmadinata. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Nurusshobah, S. F. (2019). Konvensi Hak Anak dan Implementasinya di Indonesia. BIYAN: Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial, 1(2), 118–140.
Pasha, D. A., Alqadri, B., Dahlan, & Mustari, M. (2022). Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di SMPN 1 Gunungsari. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 232–259.
Rakyat, D. P. (2002). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 38. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.38-52.2019
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suminar, T., Raharjo, T. J., Muarifuddin, M., Nanda Artyasta Dwi Pangestika, & Pamungkas, D. S. (2022). Pelatihan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Life Skills untuk Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Journal of Community Empowerment, 2(1), 20–26. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JCE/article/view/52281%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JCE/article/download/52281/21493
Supeni, S., Handini, O., & Hakim, L. Al. (2021). Analisis Kebijakan Model Pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) pada Sekolah Dasar (SD) dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah untuk Mendukung Kota Layak Anak. In UNISRI Press.
Wati, E. K., Suyatno, & Widodo. (2021). Strategi Penerapan Program Sekolah Ramah Anak Di SD Negeri Kasihan Bantul. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 5(1), 18. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i1.15681
Wulandari, T., Nirwana, I., & Nurlinda, N. (2022). Partisipasi Orang Tua terhadap Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SD Ramah Anak Kabupaten Sleman. Harakat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 7(1), 9–14. https://doi.org/10.30631/71.9-14
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Fajar Mustika Violeta, Zulkipli Lessy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).