Tantangan Komunikasi dalam Negosiasi Bisnis Lintas Budaya
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1037Keywords:
Negosiasi Bisnis, Komunikasi Lintas Budaya, Tantangan, Strategi Komunikasi, PendidikanAbstract
Penelitian ini mendalami tantangan komunikasi yang timbul dalam konteks negosiasi bisnis lintas budaya, sebuah aspek yang semakin penting dalam pendidikan global di era saat ini. Dengan meningkatnya integrasi global, interaksi bisnis lintas budaya tidak hanya menjadi umum tetapi juga semakin kompleks. Faktor-faktor seperti perbedaan budaya, bahasa, dan konteks sosial-politik memainkan peran penting dalam proses negosiasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana faktor-faktor tersebut memengaruhi komunikasi dalam konteks negosiasi bisnis lintas budaya dan implikasinya dalam konteks pendidikan. Metode studi literatur digunakan untuk menganalisis berbagai sumber informasi yang relevan, termasuk artikel, buku, dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mendalam tentang perbedaan budaya, bahasa, dan konteks sosial-politik sangat penting dalam mencapai kesuksesan dalam negosiasi lintas budaya, yang juga relevan dalam konteks pendidikan global. Rekomendasi disarankan bagi lembaga pendidikan dan para profesional di bidang pendidikan untuk memberikan perhatian khusus terhadap pelatihan komunikasi lintas budaya serta menciptakan lingkungan belajar yang beragam budaya untuk meningkatkan efektivitas pendidikan lintas budaya.
Downloads
References
Abugre, J. B. (2018). Cross-cultural communication imperatives: Critical lessons for Western expatriates in multinational companies (MNCs) in sub-Saharan Africa. Critical Perspectives on International Business, 14(2/3), 170–187.
Abugre, J. B., & Debrah, Y. A. (2019). Assessing the impact of cross-cultural communication competence on expatriate business operations in multinational corporations of a Sub-Saharan African context. International Journal of Cross Cultural Management, 19(1), 85–104.
Adler, N. J., & Aycan, Z. (2018). Cross-cultural interaction: What we know and what we need to know. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 5, 307–333.
Arfin, M. I. (2023). Komunikasi Lintas Budaya Dan Internasional.
Aririguzoh, S. (2022). Communication competencies, culture and SDGs: effective processes to cross-cultural communication. Humanities and Social Sciences Communications, 9(1), 1–11.
Brett, J., Behfar, K., & Kern, M. (2020). Managing multicultural teams. In Organizational Collaboration (pp. 155–164). Routledge.
Caputo, A., Ayoko, O. B., Amoo, N., & Menke, C. (2019). The relationship between cultural values, cultural intelligence and negotiation styles. Journal of Business Research, 99, 23–36.
Dwihadiah, D. L. (2023). Pelatihan Komunikasi Lintas Budaya Di Perusahaan Otomotif Multinasional India Di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1–7.
Fatyandri, A. N., Shofiyah, S., Fitriana, A., Fajar, I. A., Maharani, T., & Valentino, J. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Negosiasi dan Manajemen Konflik pada Industri Manufaktur dan Industri Makanan Olahan. ECOMA: Journal of Economics and Management, 1(1), 18–26.
Goh, J., Joven, A., Kelly, K., Setiawan, K., & Fatyandri, A. N. (2023). Pengaruh Lintas Budaya Dalam Negosiasi Pada Industri Migas Dan Penunjang. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(1), 160–165.
Klimova, I. I., Klimova, G. V, & Dubinka, S. A. (2019). Students’ communicative competence in the context of intercultural business communication.
Lifintsev, D., & Wellbrock, W. (2019). Cross-cultural communication in the digital age. Estudos Em Comunicação, 1(28).
Ramirez Marin, J., Olekalns, M., & Adair, W. (2019). Normatively speaking: do cultural norms influence negotiation, conflict management, and communication? Negotiation and Conflict Management Research, 12(2), 146–160.
Rosyida, E. (2023). Mata Kuliah Business English Sebagai Penunjang Karir Mahasiswa Manajemen Dakwah. Journal Of Dakwah Management, 2(02), 331–337.
Simatupang, N., & Hendra, H. (2023). Pengaruh Implementasi Bisnis Internasional Terhadap Lingkungan Budaya. YUME: Journal of Management, 6(3).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhairi, S., Husna, F. M., Hasanah, A., & Saragih, S. K. (2024). Strategi Komunikasi Global: Pendekatan Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pasar Internasional. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 12820–12825.
Surya, E., Barkah, C. S., Sukoco, I., & Auliana, L. (2022). Analisis Penerapan Komunikasi Lintas Budaya dalam Perusahaan Multinasional (Suatu Telaah Pustaka). Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (DImmensi), 2(2), 63–74.
Ting-Toomey, S., & Dorjee, T. (2018). Communicating across cultures. Guilford Publications.
Vebrina, K. Y., Kinasih, L., Muddalifa, K., Wulandari, L. P. R., Al Rosid, M. H., & Arum, D. P. (2024). Strategi Komunikasi Efektif Dalam Bisnis Penerapan Kalimat Yang Tidak Ambigu Untuk Menghindari Gagal Paham. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship, 1(3), 492–497.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Algooth Putranto, Wenny Desty Febrian, Feri Sanjaya, Haryati Haryati, Sonny Santosa, I Wayan Adi Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).