Surau Sebagai Refleksi Tafaqquh Fi Al-Din dan Urgensinya terhadap Modernisasi Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1036Keywords:
Surau, Tafaqquh Fi Al-Din, Modernisasi PendidikanAbstract
Surau telah mengalami perubahan fungsi pada abad dua puluh satu Masehi, yang semulanya digunakan sebagai bagian utama dari pendidikan, kini pada umumnya hanya menjadi tempat beribadah saja. Maka dari itu, sistem pendidikan yang diterapkan di Surau perlu dipahami oleh generasi sekarang agar nilai-nilai pendidikannya dapat diperbarui dalam konteks masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Surau dan refleksinya sebagai sarana Tafaqquh fi al-Din serta urgensinya bagi modernisasi pendidikan Islam, menurut QS. al-Taubah seratus dua puluh dua. Metode dalam penelitian ini adalah studi literatur yang merupakan suatu kajian ilmiah yang berfokus pada satu topik tertentu dengan memberikan gambaran mengenai perkembangan topik tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah meskipun fungsi Surau saat ini telah mengalami perubahan, namun urgensi pendidikan di Surau tetap eksis. Urgensi Surau terhadap modernisasi Pendidikan Islam di Sumatera Barat terlihat dari keberadaan Surau hari ini sudah mereformasi diri menjadi lembaga Pendidikan Islam yang mumpuni dan masyhur ke seluruh Nusantara diantaranya Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek yang merupakan reformasi Surau Parabek, Pondok pesantren Thawalib Padang Panjang reformasi dari Surau jembatan Besi, Sumatera Darul Punun Abbasiah reformasi dari Surau Padang Japang, Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah reformasi dari Surau Canduang Baso Bukittinggi, serta beberapa reformasi Surau lainnya.
Downloads
References
Akhiruddin, K. M. (2015). Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara. TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 195–219.
al-Zuhailiy, W. (2009). Al-Tafsīr al-Munīr Fi al-’Aqīdah Wa al-Syarī’ah Aw al-Manhaj. Beirut: Dar Al-Fikr.
Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127–141.
Arnelis, A., Marjohan, M., & Syahniar, S. (2016). Usaha Kaum Mudo Minangkabau Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Konselor, 5(3), 194–203.
As-Sa’di, A. bin N. (2016). Tafsir al-Qur’an. Jakarta. Darul Haq.
Asril, A. (2018). Syekh Sulaiman Arrasuli: Ulama Multi Talenta. Khazanah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam.
Asror, M., Bakar, M. Y. A., & Fuad, A. Z. (2023). Modernisme Pendidikan Islam dalam Pemikiran Mahmud Yunus: Analisis dan Relevansinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 35–52.
Daulay, H. H. P. (2018). Sejarah Pertumbuhan & Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.
Faridi, F., & Firmansyah, E. (2024). Kelembagaan Pendidikan Islam Di Nusantara: Surau, Meunasah, Masjid, Pesantren, Madrasah. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(1), 93–97.
Iskandar, I., & Firdaus, D. W. (2020). Pemikiran Deliar Noer Mengenai Gerakan Islam Modern Indonesia 1900-1942. Jazirah: Jurnal Peradaban Dan Kebudayaan, 1(1), 16–38.
Iswantir, I. (2017). Gagasan dan Pemikiran Serta Praksis Pendidikan Islam di Indonesia (Studi Pemikiran dan Praksis Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra). Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 2(2), 165–177.
Kemdikbud, R. I. (2021). KBBI Daring.
Latif, Y. (2020). Pendidikan yang berkebudayaan. Gramedia Pustaka Utama.
Latifa, A., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Pembentukan kematangan karir pemuda minangkabau melalui budaya baliak ka surau. SCHOULID Indones. J. Sch. Couns, 6(1), 40–45.
Manti, B. B., Husaini, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2016). Konsep Pendidikan Modern Mahmud Yunus dan Kontribusinya Bagi Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 151–183.
Mawangir, M. (2016). The surau: traditional education in Minangkabau. Of the Asian Philosophical Association (ICAPA) Universiti Teknologi Malaysia, Kuala Lumpur, Malaysia, 20th-24th July 2016., 313.
Muhammedi, M. (2016). Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Studi kritis tentang upaya menemukan Kurikulum Pendidikan islam yang ideal. Jurnal Raudhah, 4(1).
Mukhlis, A. (2017). Sejarah Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Nusantara (Surau, Meunasah, Pesantren Dan Madrasah). AL Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 1(01), 117–138.
Nata, H. A. (2014). Sejarah pendidikan islam. Kencana.
Natsir, M. H. D., & Hufad, A. (2019). The Function of Surau in Minangkabau Culture. 2nd International Conference on Educational Science (ICES 2018), 214(Ices 2018), 122–125.
Noer, D. (1996). Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942. LP3ES.
Rahman, R. (2015). Modernisasi pendidikan Islam awal abad 20 (Studi kasus di Sumatera Barat). Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Humaniora, 14(2), 174–182.
Rama, B., & Yahdi, M. (2023). Pendidikan Islam Pada Masa Awal di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(2), 152–160.
RUMAEZA, I. (2016). PERJUANGAN M SYEKH SULAIMAN AR-RASULI DALAM MENGEMBANGKAN PERTI DI MINANGKABAU TAHUN 1930-1970. IAIN SMH Banten.
Saihu, S. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 1(01), 1–33.
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53.
Satria, R. (2019). Dari Surau ke Madrasah : Modernisasi Pendidikan Islam di Minangkabau. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 277–288. https://doi.org/10.19105/tjpi.
Shihab, M. Q. (2007). Tafsir AL Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Quran. Jakarta: Lentera Hati.
Subagiya, B. (2020). Sumatra Thawalib.
Suryani, I., Syahfitri, R. A., Fauziyah, T., & Rangkuti, N. J. (2023). Surau sebagai Lembaga Pendidikan Islam Dulu dan Sekarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5620–5627.
Syahril, S., & Wilvon, A. (2022). Zainuddin Labay El Yunusy: Tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam di Minangkabau Pada Awal Abad XX (Suatu Tinjauan Historis). Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(2), 174–190.
Tajuddin, Z., Rama, B., & Kadir, A. (2023). AWAL MASUKNYA ISLAM DI SUMATRA (Perkembangan Pendidikan Islam masa awal di Sumatera Barat, lembaga & tokohnya). Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 3(4), 242–255.
Yafi, S., Aziz, A., Putra, I. J., Nelwati, S., & Misra, M. (2024). Pengembangan Materi Akidah Akhlak Berbasis Pendidikan Karakter Peduli Sosial. Journal of Education Research, 5(1).
Yafi, S., & Masyhudi, F. (2023). Kajian Kritis Terhadap Dinamika Pendidikan Islam pada Masa Bani Umayyah. MSJ: Majority Science Journal, 1(2), 128–137.
Yunus, M. (1993). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Hidakarya Agung.
Yusra, N. (2018). Muhammadiyah: gerakan pembaharuan pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(1), 103–125.
Zein, M. (2011). Sistem Pendidikan Surau: Karakteristik, Isi, dan Literatur Keagamaan. Sosial Budaya, 8(1), 25–39.
Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. 6(2), 127–141. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Radhiatul Hasnah, Salman Yafi, Rahmi Rahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).