Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Media Video Edukasi terhadap Perencanaan Karir Siswa SMP

Authors

  • Yuniar Hilmi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Raudah Zaimah Dalimunthe Bimbingan dan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Meilla Dwi Nurmala Bimbingan dan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1021

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Perencanaan Karir, Media Video Edukasi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada fakta bahwa guru BK di SMP Negeri seratus delapan puluh tujuh Jakarta memiliki waktu yang terbatas untuk memberikan layanan dan tidak memiliki media pendukung untuk memberikan layanan dalam merencanakan karir siswa. Ketidakmampuan guru BK ini disebabkan oleh ketersediaan jam pelajaran BK yang terbatas dan kekurangan media pendukung, khususnya dalam pemberian layanan karir siswa di sekolah. Selain itu data awal yang dikumpulkan menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri seratus delapan puluh tujuh Jakarta memiliki perkembangan pengetahuan karir yang belum maksimal. Bimbingan kelompok dengan menggunakan media video edukasi merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi penerapan layanan bimbingan kelompok dengan media video edukasi terhadap perencanaan karir siswa di SMP Negeri seratus delapan puluh tujuh Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pra eksperimen. Subjek penelitian ini melibatkan dua belas siswa kelas VIII SMP Negeri seratus delapan puluh tujuh Jakarta, yang terdiri dari empat siswa laki-laki dan delapan siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai pre-test lima puluh tiga, hal ini menunjukkan bahwa penerapan bimbingan kelompok menggunakan media video edukasi dapat mempengaruhi perencanaan karir siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, H., & Maulana, L. A. A. (2019). Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berpikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Jurnal Realita, 4, 727–741.

Ardiwinata, E. (2022). Peningkatan Daya Kreatif Siswa untuk Persiapan Kerja Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Prosiding Seminar Nasional Salingdidik, 9.

Hasanah, M., & Setiawati, D. (2014). Penerapan Layanan Informasi Menggunakan Media Video untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Masa Depan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Lamongan. Jurnal BK UNESA, 4, 541–550.

Isliana, M. (2020). Peningkatkan Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas IX SMP. Jurnal Konseling Gusjigang, 6(2), 93–99. https://doi.org/10.24176/jkg.v6i2.6356

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Della, Ed.). Pascal Books.

Sipahutar, M. A., Nainggolan, R. B. M., Sihombing, L., & Sipahutar, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi yang Empatik dan Asertif Remaja dan Orang Tua Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Pemberian Informasi (Ceramah). Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 10, 138–148.

Sitompul, L. (2018). Meningkatkan pemahaman perencanaan karir melalui layanan bimbingan karir di sekolah dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang tahun 2017-2018. TABULARASA, 15, 316–327.

Sukardi. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah.

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Hilmi, Y., Dalimunthe, R. Z., & Nurmala, M. D. (2024). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Media Video Edukasi terhadap Perencanaan Karir Siswa SMP . Journal of Education Research, 5(2), 1832–1836. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1021

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check