Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Media Video Edukasi terhadap Perencanaan Karir Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1021Keywords:
Bimbingan Kelompok, Perencanaan Karir, Media Video EdukasiAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada fakta bahwa guru BK di SMP Negeri seratus delapan puluh tujuh Jakarta memiliki waktu yang terbatas untuk memberikan layanan dan tidak memiliki media pendukung untuk memberikan layanan dalam merencanakan karir siswa. Ketidakmampuan guru BK ini disebabkan oleh ketersediaan jam pelajaran BK yang terbatas dan kekurangan media pendukung, khususnya dalam pemberian layanan karir siswa di sekolah. Selain itu data awal yang dikumpulkan menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri seratus delapan puluh tujuh Jakarta memiliki perkembangan pengetahuan karir yang belum maksimal. Bimbingan kelompok dengan menggunakan media video edukasi merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi penerapan layanan bimbingan kelompok dengan media video edukasi terhadap perencanaan karir siswa di SMP Negeri seratus delapan puluh tujuh Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pra eksperimen. Subjek penelitian ini melibatkan dua belas siswa kelas VIII SMP Negeri seratus delapan puluh tujuh Jakarta, yang terdiri dari empat siswa laki-laki dan delapan siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai pre-test lima puluh tiga, hal ini menunjukkan bahwa penerapan bimbingan kelompok menggunakan media video edukasi dapat mempengaruhi perencanaan karir siswa.
Downloads
References
Ahmad, H., & Maulana, L. A. A. (2019). Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berpikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Jurnal Realita, 4, 727–741.
Ardiwinata, E. (2022). Peningkatan Daya Kreatif Siswa untuk Persiapan Kerja Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Prosiding Seminar Nasional Salingdidik, 9.
Hasanah, M., & Setiawati, D. (2014). Penerapan Layanan Informasi Menggunakan Media Video untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Masa Depan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Lamongan. Jurnal BK UNESA, 4, 541–550.
Isliana, M. (2020). Peningkatkan Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas IX SMP. Jurnal Konseling Gusjigang, 6(2), 93–99. https://doi.org/10.24176/jkg.v6i2.6356
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Della, Ed.). Pascal Books.
Sipahutar, M. A., Nainggolan, R. B. M., Sihombing, L., & Sipahutar, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi yang Empatik dan Asertif Remaja dan Orang Tua Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Pemberian Informasi (Ceramah). Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 10, 138–148.
Sitompul, L. (2018). Meningkatkan pemahaman perencanaan karir melalui layanan bimbingan karir di sekolah dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang tahun 2017-2018. TABULARASA, 15, 316–327.
Sukardi. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Yuniar Hilmi, Raudah Zaimah Dalimunthe, Meilla Dwi Nurmala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).