Bimbingan Klasikal Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Self-Help Skills Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Eilen Ardi Estiningtyas Bimbingan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia, Indonesia
  • Rochani Rochani Bimbingan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia, Indonesia
  • Meilla Dwi Nurmala Bimbingan Konseling, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1020

Keywords:

Self-Help Skills, Bimbingan Klasikal, Video Animasi, Anak Usia Dini

Abstract

Anak usia dini sudah seharusnya menerapkan keterampilan membantu diri self-help skills agar anak dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan dasarnya di kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan keterampilan membantu diri self-help skills pada anak usia dini di TK Alamanda Jaya Kota Tangerang setelah diberikan layanan bimbingan klasikal berbasis media video animasi. Pada penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Hasil dari uji hipotesis menggunakan uji paired samples test . nilai rata-rata dari kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran kovesional. Pada uji hipotesis kelas ekperimen dapat diketahui bahwa nilai t-hitung penerapan layanan bimbingan klasikal berbasis media video animasi dikatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan membantu diri self-help skills pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Laili, Iga Hijratul & Alfurqan. (2024). Analysis of Using Animated Video Media on Students' Learning Motivation in Islamic Education (PAI) in Grade 3 at SDN 18 Karan Aur. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 129-140.

Allen, K.E & Cowdery, G.E. (2005). The Exceptional Child: Inclusion In Early Childhood Education (5th Ed). New York: Thomson Delmar Learning. (Diperoleh 11 Desember 2023, dari https://www.tandfonline.com)

Chika Prasetya, Bernadeta. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Keterampilan Membantu Diri (Self Help Skill) Anak Kelompok B. Skripsi. Univeristas Lampung.

Chusnul Khotimah, et al., (2023). Implementasi Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Memberikan Pemahaman Mengenai Dampak Prokrastinasi Akademik. Journal of Social Computer and Religiosity (SCORE), Vol.1, No. 1 Hal.43-55.

Creswell, John W. (2016). Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4rd Ed). Los Angeles, Sage Publications.

Indriasih, Aini. & Sumaji. (2021). Pengaruh Keterampilan Motorik di Sekolah dan Rumah terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 175-198. doi:http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v9i1.9827.

Izzati, L. & Yulsofriend. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.486.

Kemenkes RI. (2022). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Koksalan, B., E. Hilal Yayan, Aysegul Ulutas. & Oguz Emre. (2017). Opinions of preschool children about self care. European Journal of Education Studies, 3 (5), Hal 210-224. (Diperoleh 11 Desember 2023, dari https://oapub.org. http://dx.doi.org/10.46827/ejes.v0i0.651)

POP BK SMA. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Rahmayanti, Laily & Farida. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se- Gugus Sukodono Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hal. 429-439. (Diperoleh 24 Desember 2023, https://ejournal.unesa.ac.id/)

Safitri, Leny. (2023). Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun melalui Kegiatan Memegang Pensil. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, DOI: http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1441.

Saniy, Mawari Melati, A. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Sampangan 02 Semarang yang Mendapat Calistung dan Tidak Mendapat Calistung Di Taman Kanak-Kanak. Educational Psychology Journal, Volume 3 (1).

Sezici, Emel., & Akkaya, Deniz. D. (2020). The Effect of Preschool Children's Motor Skills on Self Care Skills. Journal Early Child Development and Care. Hal 963-970. (Diperoleh 25 Desember 2023, dari https://doi.org/10.1080/03004430.2020.1737040)

Susanto, Ahmad. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Umuri, Sania Alkhoiriyah. (2021). Analisis Perkembangan Self-help Skills Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Vindy Lestari Putri, A. W. (2021). Pengembangan Media Frueelin Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwad, Hal 155-163.

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Estiningtyas, E. A., Rochani, R., & Nurmala, M. D. (2024). Bimbingan Klasikal Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Self-Help Skills Pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 5(2), 1823–1831. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1020

Issue

Section

Articles

Citation Check