Comparison of Basic Learning Outcomes of Electricity and Electronics Using Realistic Mathematics Learning Models And Discovery in Electricity Students of Elfatah Christian Vocational School Manado
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1011Abstract
Pada penelitian ini diketahui bahwa selama proses pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika secara umum masih berpusat pada guru, siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan juga hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu model pembelajaran untuk mendampingi pembelajaran yang melibatkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dasar listrik dan elektronika dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics and Discovery pada siswa kelas X kelistrikan di SMK Kristen Elfatah Manado. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas eksperimen X Listrik A dengan menggunakan model pembelajaran Matematika Realistik dan kelas kontrol X Listrik B dengan menggunakan model pembelajaran Discovery. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa siswa yang diberi perlakuan pembelajaran Matematika Realistik mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model penemuan.
Downloads
References
Abdul Majid. (2017). Pembelajaran Saintifik untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar. Prenada Media.
Adi, I. P. P., & Koeswanti, H. D. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 819–826.
Andriani, D., Widada, W., Herawaty, D., Ardy, H., Nugroho, K. U. Z., Ma’rifah, N., & Anggoro, A. F. D. (2020). Understanding the number concepts through learning Connected Mathematics (CM): A local cultural approach. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1055–1061.
Ashari, W. A., Harun, L., & Supandi, S. (2023). Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 99–107.
Conklin, J. (2005). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives complete edition. JSTOR. https://www.jstor.org/stable/42926529
Fahrurrozi, M. P., Edwita, M. P., & Bintoro, T. (2022). Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. UNJ Press.
Ginting, M. B. (2018). Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif Berdasarkan Perspektif Teori Piaget. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 159–171.
Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective. In Educational design research (pp. 29–63). Routledge.
Hamalik, O. (2014). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2018). Media Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Herawaty, D., Widada, W., Adhitya, A., Sari, R. D. W., Novianita, L., & Anggoro, A. F. D. (2020). Students’ ability to simplify the concept of function through realistic mathematics learning with the ethnomathematics approach. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1), 12031. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012031
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Pustaka Pelajar.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Researcher, 38(5), 365–379. https://doi.org/https://doi.org/10.3102/0013189X09339057
Karisma, D. L., & Samsiyah, N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Kelas V SDN Ngale 01. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1125–1131.
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222.
Magdalena, I., Agustin, E. R., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(1), 1–10.
Mardiana, D., Yuni, Y., & Atiyyah, R. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Realistik dan Ekspositori. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Marzano, R. J. (2010). Designing & teaching learning goals & objectives. Solution Tree Press.
Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp103-122
Napitupulu, E. E., Hadi, S., & Waluya, B. (2018). Pembelajaran Matematika Realistik. UMM Press.
Novarita, N., Rosmilani, R., & Agnes, A. (2023). Analisis Pelaksanaan Teori Progresivisme John Dewey Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 529–540.
Primadhani, S. (2020). Keefektifan Model Discovery Berbasis Realistic Mathematics Education Ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Kalenpandan Kabupaten Brebes. Universitas Negeri Semarang.
Rahayu, T. (2010). Pendekatan RME Terhadap Peningkatan Prestai Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD N Penaruban I Purbalingga. UNY Press.
Rusliah, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Instruksi Metakognisi. Deepublish.
Sadirman. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada.
Sholeh, M. I. (2023). Pengakuan dan reward dalam manajemen sdm untuk meningkatkan motivasi guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212–234.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryadi, D., & Saragih, S. (2017). Pengantar Pendidikan Matematika Realistik. PT Remaja Rosdakarya.
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi sebagai sebuah pendekatan untuk kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2).
Suyanto. (2015). Evaluasi Pendidikan. PT. Indeks.
Tarigan, D. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. In Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. UNY Press.
Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., & Harningsih, E. (2009). Meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa SMP melalui pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 1–14.
Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2020). Realistic Mathematics Education. In S. Lerman (Ed.), Encyclopedia of Mathematics Education. Springer.
WH, E. H., Anisa, L. N., Meilani, A. R., Munasyifa, A., Sari, L. N., & Bashoriyah, R. (2023). Manajemen Kelas yang Efektif pada Kelas Indoor dengan Menggunakan Discovery Learning. BIOFAIR, 128–154.
Yudhanegara, M. R., & Fatimah, S. (2016). Strategi Pembelajaran Matematika Realistik. Prestasi Pustaka.
Yunita, N., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 61–65.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ridwan Ridwan, Novian Litamahuputty , Billy Kilis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).