Evaluasi dan Tindak Lanjut Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1010Keywords:
Platform Merdeka Mengajar, PMM, Komunitas Belajar, Kombel, Tutor Teman SebayaAbstract
PMM merupakan platform teknologi yang diberikan kepada guru dan pimpinan sekolah untuk mendukung pembelajaran di sekolah. Banyak guru yang hanya login ke PMM tanpa mengakses atau menjelajahi konten, sehingga diperlukan adanya evaluasi dan tindak lanjut pemanfaatan PMM untuk memaksimalkan peran PMM sesuai dengan tujuan peluncurannya. Tujuan penelitian yaitu Mendeskripsikan evaluasi pemanfaatan PMM di SMA Negeri enam Surakarta; Mendeskripsikan tindak lanjut hasil evaluasi pemanfaatan PMM di SMA Negeri enam Surakarta. Model evaluasi dalam penelitian ini adalah Model Evaluasi Berorientasi pada Tujuan atau Goal Oriented Evaluation Model. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus atau Case Study. Data diambil dari informan yaitu guru yang merupakan tim komunitas belajar dan merupakan evaluator dalam kegiatan PMM. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu: Berdasarkan evaluasi pemanfaatan PMM diketahui hambatannya yaitu diperlukan waktu yang tidak singkat untuk mempelajari fitur di PMM, implementasi aksi nyata sulit dilaksanakan, proses validasi yang terlalu lama, akun belajar id yang tidak bisa diakses, aksi nyata yang tidak otentik, dan guru mengikuti webinar secara tidak terarah, Tindak lanjut hasil evaluasi pemanfaatan PMM yaitu pembentukan Tim Komunitas Belajar atau Tim Kombel dengan konsep Tutor Teman Sebaya, pelaksanaan kegiatan Jum’at Merdeka, kegiatan praktek baik, seminar dan webinar yang diselenggarakan melalui PMM berskala nasional.
Downloads
References
Aji, R. H. S., & Putra, M. H. I. (2021). Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Non-Agama. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(6), 2001–2010. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Rineka Cipta, Jakarta.
Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647
Firdaus, A. A., Yudhana, A., & Riadi, I. (2023). Problematika Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Daerah Tanpa Jaringan Listrik (Studi di SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu)Problems Using the Free Teaching Platform for Teachers in Areas Without an Electric Network (Study at SMPN Satu Atap 2 Menta. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 236–245. http://journal.umkendari.ac.id/index.php/decode
Fussalam, Y. E., Silvia, R., Jambi, M., Jambi, U. A., & Terbuka, U. (2022). Analisis Kesiapan Dan Keberlanjutan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Jambi ). 7(2), 198–208.
Hajaroh, M. (2019). POHON TEORI EVALUASI KEBIJAKAN DAN PROGRAM (Metode, Nilai dan Menilai, Penggunaan). Foundasia, 9(1), 27–42. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26149
Hasmawaty, Muliati, & Bachtiar, M. Y. (2023). Optimalisasi Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (MM) Melalui Komunitas Belajar Gugus PAUD. Madaniya, 4(2), 574–581.
Ketaren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Simanjuntak, R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan Aswinta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10340–10343.
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Morissan, dkk. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana, Jakarta.
Nugrahani, I. S., Sari, Y. N., Lase, D. R., Dwikurnaningsih, Y., & Satyawati, S. T. (2021). Implementasi Tindak Lanjut Evaluasi Hasil Belajar Di SMP Anak Terang Salatiga. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7263
Prasetyaningsih, Nur; Muiz, A. F. (2024). Prasetyaningsih, Nur; Muiz, Abdul; Fatimah. Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar, Volume 8 N, 789–798.
Qona’ah, I. (2023). Evaluasi Kebijakan Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Formal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1421–1424. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1799
Setiariny, E. (2023). PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23–33. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81
Shandilia Latunusa Ambawani, C., Meista Mulya Kusuma, T., & Sumardjoko, B. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Akses Platform Merdeka Mengajar (PMM). Journal of Education Research, 4(4), 1880–1892.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Surani, D., Asnawati, A. N., & Kusuma, A. W. (2022). Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar Dan Pengenalan Platform Simba Dalam Meningkatkan Pemahaman Media Pembelajaran Kepada Tenaga Pendidik Di Smpn 10 Cilegon. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 164–171. https://doi.org/10.46306/jub.v2i2.77
Suryadi, R., & Hidayati, D. (2023). Utilizing Merdeka Mengajar Platform at SMP Muhammadiyah Bandung. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 15(1). https://doi.org/10.30596/14918
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D). Sukoharjo: CV.Jasmine.
Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Cettra Shandilia Latunusa Ambawani, Dwi Maryani, Nur Cholidah, Sumardi Sumardi, Muhibbin Muhibbin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).