Evaluasi dan Tindak Lanjut Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Authors

  • Cettra Shandilia Latunusa Ambawani Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Dwi Maryani Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Nur Cholidah Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Sumardi Sumardi Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Muhibbin Muhibbin Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1010

Keywords:

Platform Merdeka Mengajar, PMM, Komunitas Belajar, Kombel, Tutor Teman Sebaya

Abstract

PMM merupakan platform teknologi yang diberikan kepada guru dan pimpinan sekolah untuk mendukung pembelajaran di sekolah. Banyak guru yang hanya login ke PMM tanpa mengakses atau menjelajahi konten, sehingga diperlukan adanya evaluasi dan tindak lanjut pemanfaatan PMM untuk memaksimalkan peran PMM sesuai dengan tujuan peluncurannya. Tujuan penelitian yaitu Mendeskripsikan evaluasi pemanfaatan PMM di SMA Negeri enam Surakarta;  Mendeskripsikan tindak lanjut hasil evaluasi pemanfaatan PMM di SMA Negeri enam Surakarta. Model evaluasi dalam penelitian ini adalah Model Evaluasi Berorientasi pada Tujuan atau Goal Oriented Evaluation Model. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus atau Case Study. Data diambil dari informan yaitu guru yang merupakan tim komunitas belajar dan merupakan evaluator dalam kegiatan PMM. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu: Berdasarkan evaluasi pemanfaatan PMM diketahui hambatannya yaitu diperlukan waktu yang tidak singkat untuk mempelajari fitur di PMM, implementasi aksi nyata sulit dilaksanakan, proses validasi yang terlalu lama, akun belajar id yang tidak bisa diakses, aksi nyata yang tidak otentik, dan guru mengikuti webinar secara tidak terarah, Tindak lanjut hasil evaluasi pemanfaatan PMM yaitu pembentukan Tim Komunitas Belajar atau Tim Kombel dengan konsep Tutor Teman Sebaya, pelaksanaan kegiatan Jum’at Merdeka, kegiatan praktek baik, seminar dan webinar yang diselenggarakan melalui PMM berskala nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. H. S., & Putra, M. H. I. (2021). Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Non-Agama. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(6), 2001–2010. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647

Firdaus, A. A., Yudhana, A., & Riadi, I. (2023). Problematika Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Daerah Tanpa Jaringan Listrik (Studi di SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu)Problems Using the Free Teaching Platform for Teachers in Areas Without an Electric Network (Study at SMPN Satu Atap 2 Menta. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 236–245. http://journal.umkendari.ac.id/index.php/decode

Fussalam, Y. E., Silvia, R., Jambi, M., Jambi, U. A., & Terbuka, U. (2022). Analisis Kesiapan Dan Keberlanjutan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Jambi ). 7(2), 198–208.

Hajaroh, M. (2019). POHON TEORI EVALUASI KEBIJAKAN DAN PROGRAM (Metode, Nilai dan Menilai, Penggunaan). Foundasia, 9(1), 27–42. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26149

Hasmawaty, Muliati, & Bachtiar, M. Y. (2023). Optimalisasi Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (MM) Melalui Komunitas Belajar Gugus PAUD. Madaniya, 4(2), 574–581.

Ketaren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Simanjuntak, R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan Aswinta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10340–10343.

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Morissan, dkk. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana, Jakarta.

Nugrahani, I. S., Sari, Y. N., Lase, D. R., Dwikurnaningsih, Y., & Satyawati, S. T. (2021). Implementasi Tindak Lanjut Evaluasi Hasil Belajar Di SMP Anak Terang Salatiga. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7263

Prasetyaningsih, Nur; Muiz, A. F. (2024). Prasetyaningsih, Nur; Muiz, Abdul; Fatimah. Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar, Volume 8 N, 789–798.

Qona’ah, I. (2023). Evaluasi Kebijakan Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Formal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1421–1424. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1799

Setiariny, E. (2023). PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23–33. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81

Shandilia Latunusa Ambawani, C., Meista Mulya Kusuma, T., & Sumardjoko, B. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Akses Platform Merdeka Mengajar (PMM). Journal of Education Research, 4(4), 1880–1892.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Surani, D., Asnawati, A. N., & Kusuma, A. W. (2022). Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar Dan Pengenalan Platform Simba Dalam Meningkatkan Pemahaman Media Pembelajaran Kepada Tenaga Pendidik Di Smpn 10 Cilegon. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 164–171. https://doi.org/10.46306/jub.v2i2.77

Suryadi, R., & Hidayati, D. (2023). Utilizing Merdeka Mengajar Platform at SMP Muhammadiyah Bandung. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 15(1). https://doi.org/10.30596/14918

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D). Sukoharjo: CV.Jasmine.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Ambawani, C. S. L., Maryani, D., Cholidah, N., Sumardi, S., & Muhibbin, M. (2024). Evaluasi dan Tindak Lanjut Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Journal of Education Research, 5(2), 2121–2128. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1010

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)