Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Warna dengan Menggunakan Media Balok pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1002Keywords:
Pembelajaran interaktif, media balok kelompok, peningkatan kemampuan anakAbstract
Pendidikan merupakan suatu hal penting bagi setiap individu terutama anak usia dini, dalam hal ini anak membutuhkan stimulasi yang baik salah satunya pada aspek kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna melalui penggunaan media balok kelompok di TK PGRI Al Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif dengan subjek penelitian adalah seluruh murid TK PGRI AL hidayah. Media balok kelompok digunakan sebagai sarana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan untuk memperkenalkan warna kepada anak-anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan anak dalam mengenal warna setelah menerapkan media balok kelompok. Anak-anak menunjukkan minat yang tinggi dan partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penerapan media balok kelompok memberikan dampak positif terhadap perkembangan kognitif anak, meningkatkan keterampilan motorik, dan memperkuat kemampuan sosial mereka. Sedangkan, keefektifan media balok dapat diketahui melalui daya ingat dalam menyelesaikan masalah saat proses pembelajaran konsep bilangan, bentuk, ukuran dan warna. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam konteks pendidikan anak usia dini dengan menunjukkan bahwa penggunaan media balok kelompok efektif dalam meningkatkan pemahaman warna anak-anak. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi pendidik dan lembaga pendidikan untuk memperkaya metode pembelajaran yang dapat meningkatkan potensi anak dalam mengenal warna secara menyenangkan dan interaktif.
Downloads
References
Amalia, E. (2018). Effective learning Activities To Improve Early Childhood Cognitive Development. Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim Mojokerto. Jurnal Al-Athfal, Vol 4, No 1, pp 103-112. Diakses, 1 Juli 2020. (online) https://www.researchgate.net/publication/330410963_Effective_Learning_Activities_To_Improve_Early_Childhood_Cognitive_Development
Amin, D. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan anak mengenal warna dengan metode menggambar. Jurnal Ilmiah Umum (JIUM), 1(1).
Andang Ismail. (2006). Pengertian Konstruktif Balok. Surabaya, Gramedia.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari, Ed.).
Anggraini, G. (2015). Kajian Pustaka (Literature Review) (Vol. 6, pp. 1–13). Vol. 6, pp. 1–13. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Assyifa, F. N. (2020). PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 137-146.
Butsianto, S. (2017). Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal SIGMA, 8(2), 107-116.
Chambel,D, Mengembangkan Kreativitas, (Yogyakarta: Kanisius,1997).
Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 169–178. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179
Gandana, G., Pranata, O. H., & Danti, T. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 melalui Media Balok Cuisenaire pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK At-Toyyibah. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 92–105. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/viewFile/7160/4760
Harun Rasiyd,Mansyur,& Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 1999.
Mulyadi, 2006. Permainan Anak Usia Dini. Surakarta, Intan Sejati.
Mulyana, E. H., Nurzaman, I., &Fauziyah, N. A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna. Jurnal PaudAgapedia, 1(1), 76-91.
Purwaningsih, E. (2018). Mengenal warna, angka, huruf dan bentuk pada anak usia dini melalui animasi interaktif. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 3(2), 203-210.
Rendy, D. B., &Nazarullail, F. (2020). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Indikator Alami Asam Basa Pada Anak Paud. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan PengembanganKependidikan, 11(2), 213-219.
Sari, N. S., &Syafi'i, I. (2021). Pengembangan Kemampuan Mengenal Warna Anak Usia Dini Melalui Media Water Beads. YaaBunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 28-33.
Senja Nurmala Dewi. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Penggunaan Mtode Discovery Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Kartika Fajar Baru Lampung Selatan.”192(4):121–30
Sudjiono, Yuliani. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya (Pertama).Retrievedfromhttps://books.google.co.id/books?id=0qRPDwAAQBAJ&pg=PA100&lpg=PA100&dq=tiga+tahap+dalam+pengenalan+lambang+bilangan+pada+anak+usia+dini+yaitu+tahap+penguasaan+konsep,+tahap+transisi,+dan+tahap+lambang&source=bl&ots=ewAXuMOymk&sig=ACfU3U0KA0aU8txAn7p3IaE0I
Syahrida, U., Wahyuningsih, S., & Pudyaningtyas, A. R. (2017). Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka Bergambar (Pada Anak Kelompok A Raudhatl Athfal Masyithoh) Plumpung Cawas Klaten Simbol-Simbol. FKIP UNS Journal Systems, 5(1), 1–11. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/issue/download/715/66
Trianton, Teguh. 2013. Film Sebagai media belajar. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dina Hidayana, Ismatul Izzah, Ivonne Hafidlatil Kiromi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).