Implementasi Metode Pembelajaran Membaca Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1000Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran membaca kritis terhadap kemampuan membaca dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diterapkan di SMPN dua Gudo Jombang dengan sasaran siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi yang akan dibagi dalam dua siklus PTK. Pada Siklus I, pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan metode membaca kritis kurang berjalan dengan baik karena masih ada beberapa siswa yang kurang aktif dengan hasil belajar yang kurang memuaskan sehingga diperlukan siklus II. Teknik analisis data dari hasil belajar siswa akan dihitung dengan prosentase hasil angket observasi siswa. Hasil prosentase akan dihitung dan dipaparkan sebagai kesimpulan hasil dari kedua siklus. Pada Siklus II, pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan metode membaca kritis sudah berjalan dengan baik. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung dalam kelas. Hasil belajar yang diperoleh juga menunjukkan adanya peningkatan, baik hasil belajar secara individu maupun berkelompok. Dengan demikian, metode membaca kritis, meningkatkan tingkat pemahaman siswa terhadap sumber bacaan terutama artikel.
Downloads
References
Aminuddin. 1997. Isi dan Metode Pengajaran Bahasa. Malang: IKIP Malang
Anugrahany, Ary. 2004. Panduan Cara Belajar. Kediri: Pemerintah Kabupaten Kediri Dinas Pendidikan
Arief., Sopandi, dan Wahyu. 2015.Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis Dalam Pembelajaran Penemuan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Edusentris”, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 2 No. 2, Juli.
Burn, Paul C, Betty D.Roe, dan Elinor P.Ross. 1996. Teaching Reading in Today’s Elementary School. Boston: Houghthon Mifflin Company
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2004. Kurikulum Sekolah Menengah Umum 2004. Jakarta: Depdikbud
Ihromi.1988. Logika. Jakarta: Dep P dan K Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Fasilitas Bersama Antar Universitas
Kasurijanto. 1989. Pembinaan Majalah Sekolah. Surabaya: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Surabaya
Nurhadi. (2004). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Jakarta: PT. Grasindo.
Soedarso. 1991. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Tama
Subadiyono. 2017. Pengembangan Buku Teks Membaca Kritis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 16 Nomor 1 Januari.
Sudarman, Sri, dkk. 1997. Bahan Ajar Membaca dan Pengajarannya.Malang: IKIP Malang Bekerjasama dengan Bagian Proyek Peningkatan SLTP Swasta Kanwil Depdikbud Prop. Jatim
Tim Pelatihan Tindakan Kelas (Action Research) Universitas Negeri Malang. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum
Wicaksono, A & Akhyar, F. (2020). Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar: Buku Ajar. Bandar Lampung: Pusaka Media
Wicaksono, Andri. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Garudhawaca.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Wardani Dwi Wihastyanang, Indra Perdana, Joni Bungai

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).