Implementasi Metode Pembelajaran Membaca Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Wardani Dwi Wihastyanang Universitas PGRI Jombang, Indonesia
  • Indra Perdana Universitas Palangkaraya, Indonesia
  • Joni Bungai Universitas Palangkaraya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1000

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran membaca kritis terhadap kemampuan membaca dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diterapkan di SMPN dua Gudo Jombang dengan sasaran siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi yang akan dibagi dalam dua siklus PTK. Pada Siklus I, pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan metode membaca kritis kurang berjalan dengan baik karena masih ada beberapa siswa yang kurang aktif dengan hasil belajar yang kurang memuaskan sehingga diperlukan siklus II. Teknik analisis data dari hasil belajar siswa akan dihitung dengan prosentase hasil angket observasi siswa. Hasil prosentase akan dihitung dan dipaparkan sebagai kesimpulan hasil dari kedua siklus. Pada Siklus II, pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan metode membaca kritis sudah berjalan dengan baik. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung dalam kelas. Hasil belajar yang diperoleh juga menunjukkan adanya peningkatan, baik hasil belajar secara individu maupun berkelompok. Dengan demikian, metode membaca kritis, meningkatkan tingkat pemahaman siswa terhadap sumber bacaan terutama artikel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin. 1997. Isi dan Metode Pengajaran Bahasa. Malang: IKIP Malang

Anugrahany, Ary. 2004. Panduan Cara Belajar. Kediri: Pemerintah Kabupaten Kediri Dinas Pendidikan

Arief., Sopandi, dan Wahyu. 2015.Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis Dalam Pembelajaran Penemuan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Edusentris”, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 2 No. 2, Juli.

Burn, Paul C, Betty D.Roe, dan Elinor P.Ross. 1996. Teaching Reading in Today’s Elementary School. Boston: Houghthon Mifflin Company

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2004. Kurikulum Sekolah Menengah Umum 2004. Jakarta: Depdikbud

Ihromi.1988. Logika. Jakarta: Dep P dan K Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Fasilitas Bersama Antar Universitas

Kasurijanto. 1989. Pembinaan Majalah Sekolah. Surabaya: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Surabaya

Nurhadi. (2004). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Jakarta: PT. Grasindo.

Soedarso. 1991. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Tama

Subadiyono. 2017. Pengembangan Buku Teks Membaca Kritis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 16 Nomor 1 Januari.

Sudarman, Sri, dkk. 1997. Bahan Ajar Membaca dan Pengajarannya.Malang: IKIP Malang Bekerjasama dengan Bagian Proyek Peningkatan SLTP Swasta Kanwil Depdikbud Prop. Jatim

Tim Pelatihan Tindakan Kelas (Action Research) Universitas Negeri Malang. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum

Wicaksono, A & Akhyar, F. (2020). Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar: Buku Ajar. Bandar Lampung: Pusaka Media

Wicaksono, Andri. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Wihastyanang, W. D., Perdana, I., & Bungai, J. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Membaca Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Research, 5(3), 3567–3574. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1000

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check