Analisis Penggunaan Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus

Rusmiyati Nenggolan(1Mail), Melvi Lesmana Alim(2), Joni Joni(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Rusmiyati Nenggolan, Melvi Lesmana Alim, Joni Joni

DOI : https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.10

Download Full Text:   [File Size  : 94KB]  Language : id
Received : 2020-10-29  |  Published : 2020-10-29

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah jurnal, buku, dan sumber lainnya yang bersifat kepustakaan atau telaah untuk memecahkan suatu masalah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan metode pengamatan dengan teknik catat. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, ditemukan Kegiatan Mozaik dari bahan kain perca dapat menstimulasi motorik halus anak sehingga terampil dalam melakukan kegiatan sehari-hari secara mandiri seperti mengancingkan baju, memasang tali sepatu, menulis dan lainnya. Anak yang terlatih motorik halusnya akan dengan mudah menciptakan suatu karya dengan baik dan melakukan kegiatan lainnya secara mandiri

Keywords


Mozaik; Kain Perca; Motorik Halus; Anak Usia Dini.

References


Arni, Desrianti; Pabunga, Dorce Banne. 2018. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kreativitas Membuat Mozaik Menggunakan Bahan Alam. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Vol. 1, No. 3

Azzahra, Khairani Mondani; Wulansuci, Ghina. 2019. Meningkatkan Penguasaan Bentuk Geometri Menggunakankegiatan Mozaik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ceria. Vol 2 No. 1

Fajriani, Kartika. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Keterampilan Hidup Montessori pada Anak Kelompok A di PAUD Islam Silmi Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education. Vol. 02, No. 01, 2019. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i1.1489

Harahap, Nursapia. 2014. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’ Volume 08 Nomor 01 2014.

Hasanah, Nur; Salwiah. 2019. Meningkatkan Pengenalan Seni Kreatif Anak Melalui Pemanfaatan Kain Perca. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Vol. 2, No. 1. 36-43

Irianti, Anaway. dkk. 2019. Implementasi Teori Super pada Program Layanan Bimbingan dan Konseling Karir untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Konseling Vol 15 No 2 Desember 2019

Katmini, AR. Koesdyantho. 2017. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Mozaik Anak Kelompok B Pos PAUD Harapan Bunda Giriwondo. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD Vol 2, No 1, hal 9-14

Lisnawati, Yesi. 2015. Konsep Khalifah dalam Al-quran dan Implikasinya terhadap Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Nazir, Moh. . 2014. Metode Penelitian. Bogot: Ghalia Indonesia.

Ningsih, Andri Setia. 2015. Indentifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak dalam berbagai Kegiatan Main di Kelompok B (skripsi). Yogyakarta: UNY

Noviandri, Patricia Pahlevi; Harjani, Centaury 2016. Pengolahan Kain Perca Menjadi Sekat Peredam Suara. Dinamika Kerajinan dan Batik, Vol. 33, No. 2

Nurjani, Yan Yan 2019. Upaya Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Journal of Sport, Vol. 3, No.2

Pinatih, Dewa Ayu Putri Ariska, dkk. 2015. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dalam Menulis dengan Metode Pemberian Tuhas Berbantuan Media Gambar Pada Anak Kelompok B3 Semester II. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Online, Vol. No. 1.

Purwanthari, Aristha. 2017. Pelatihan Pembuatan Bross dengan Bahan Dasar Kain Perca Desa Cangkringturi Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Abadimas Adi Buana Volume 01, Nomer 1

Puspitasari, Neng Riska; Zultiar, Indra. 2018. Penggunaan Teknik Kolase terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun PAUD Warci Jaya Tahun Ajaran 2017-2018. Jurnal Kependidikan Vol 4 No 1

Putri, Farah Rizkita; Rudiyanto, Ruditanto; Arya, I Gusti Komang. 2017. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Teknik Mozaik. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 14, No 1

Rosalia, Lisa; Ratulangi. 2019. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Membuat Mozaik Menggunakan Bahan Biji-Bijian. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Vol. 2, No. 1

Rulmalia, Rici; Zulminiati. 2019. Efektivitas Mozaik Bahan Alam (Sisik Ikan) terhadap Motorik Halus Anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol 6, No 2.

Rusmiyati. 2018. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Metode Mozaik dengan Biji-bijian di Kelompok B TK Dharma Wanita Caruban Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Jurnal Audi: Kajian Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia Vol 3 No. 2

Salim, Sandora; Syukri, Muhammad; Ali, Muhammad. 2018. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol 7, No 2

Sulistyaningsih, Dwi; Purnomo; Purwatiningsih, Titik. 2017. Produk Kerajinan Tangan dari Limbah Kain Perca bagi Ibu-ibu Rumah Tangga. Prosiding Seminar Nasional & Internasional Universitas Muhammadiyah Semarang: Prosiding Implementasi Penelitian pada Pengabdian Menuju Masyarakat Mandiri Berkemajuan

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Triharso, Agung. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Jakarta: CV Andi Offsett.


Article Metrics

 Abstract Views : 114 times
 PDF Downloaded : 67 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.