Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Mewarnai

Authors

  • Nofri Yona Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Terbuka, Indonesia
  • Purwoningsih Purwoningsih Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.659

Keywords:

Motorik Halus, Kegiatan Mewarnai, Anak Usia Dini

Abstract

Pengembangan kemampuan dasar anak dilihat dari kemampuan fisik/motoriknya, maka pendidik di TK harus membantu meningkatkan keterampilan fisik atau motoric, baik itu motorik kasar maupun motorik halus. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motorik  halus  anak melalui kegiatan mewarnai di TK Pertiwi Koto Taangah Simalanggang Kecamatan Payakumbuh kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Ajaran dua ribu dua puluh satu. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah melalui kegiatan mewarnai  akan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Pertiwi Koto Tangah Simalanggang. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini pada kelompok B TK Pertiwi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik dokumentasi, dan teknik wawancara.  Setelah pelaksanaan pembelajaran teknik analisis data menggunakan model deskriptif dengan menggunkan teknik persentase untuk melihat kecendrungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Adapun hasil penelitian ini adalah dalam pelaksanaan siklus satu sebanyak lima kali pertemuan hanya tiga puluh tiga koma tiga persen anak berhasil dalam kategiri nilai cukup di akhir pertemuan. Hasil pelaksanaan perbaikan paa silkus dua  terdapat peningkatan yang sangat signifikan dalam lima kali pertemuan pembelajaran mewarnai  sebanyak 80% anak mendapat kategori nilai Baik diakhir pertemuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., Amini, M., Chandrawati, T., & Novita, D. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Universitas Terbuka

Aryani, R. (2013). Laporan Perbaikan Pembelajaran. Universitas Terbuka

Helpina. (2012). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menggambar. Lima Puluh Kota

Hildayani, R., Sugianto, M., Tarigan, R., & Handayani, E. (2014). Psikologi perkembangan anak. Universitas Terbuka

Nenggolan, R., Alim, M. L., & Joni, J. (2020). Analisis Penggunaan Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus. Journal of Education Research, 1(2), 120–124. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.10

Rahmawati, N., & Fitri, R. (2023). Permainan Basketball Circuit sebagai Upaya Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 633–634. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.227

Sa’diyah, U. N. H., Karmila, M., & Purwadi, P. (2023). Implementasi APE Perigi sebagai Media Stmulasi Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Education Research, 4(1), 310–316. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.161

Sumantri M. S., Amini, M., Tatminingsih, S., Sujiono, B., & Siti Aisyah. (2021). Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka

Tim PKP PG-PAUD. (2022). Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional PGSM (Edisi 2). Universitas Terbuka

Waslimah, E., Alim, M. L., & Syahrial, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Metode Demonstrasi dalam Pemanfaatan Bahan Bekas. Journal of Education Research, 1(3), 265–275.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Yona, N., & Purwoningsih , P. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Mewarnai. Journal of Education Research, 4(3), 1542–1547. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.659

Issue

Section

Articles

Citation Check