Pemahaman Pendidikan Finansial Sejak Dini

Authors

  • Aunur Shabur Maajid Amadi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nyoman Suwarta Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dina Wilda Sholikha Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Muhlasin Amrullah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.356

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis dampak jangka panjang dari pendidikan literasi keuangan sejak dini terhadap perilaku anak-anak di masa depan. Pentingnya pendidikan finansial sejak dini adalah untuk membantu anak-anak memahami nilai uang, membedakan antara kebutuhan dan keinginan, serta mengembangkan kebiasaan menabung yang baik. Melalui pendidikan finansial, anak-anak dapat mengelola keuangan mereka dengan bijak dan memiliki kesiapan finansial yang lebih baik di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode literature review secara sistematis.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pendidikan keuangan pada anak-anak dapat menyebabkan pengelolaan keuangan yang buruk, kemandirian keuangan yang rendah, dan rentan terhadap penipuan. Kurangnya pemahaman tentang instrumen keuangan dan tekanan sosial seperti Fear of Missing Out juga mempengaruhi kemampuan anak-anak dalam menabung dan berinvestasi. Implikasi penelitian ini dapat mencegah pengelolaan keuangan yang buruk, memicu sikap kemandirian keuangan, mengurangi peluang penipuan investasi keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amadi, A. S. M. A. (2022). Pendidikan di Era Global: Persiapan Siswa untuk Menghadapi Dunia yang Semakin Kompetitif. Educatio, 17(2), 153–164. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9439

Arianti, S., Syamsuddin, M. M., & Jumiatmoko, J. (2022). Hubungan Pengajaran Pendidikan Keuangan Dengan Kemampuan Literasi Keuangan Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 10(2), 99–108. https://doi.org/10.20961/KC.V10I2.57223

Asep Rifqi, A. A. (2016). KONSEP HOMINISASI DAN HUMANISASI MENURUT DRIYARKARA. Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, 13(1), 127–148. https://doi.org/10.22515/AJPIF.V13I1.39

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner (first edit). CV. Pena Persada.

Astuti, S. T., Susbiyani, A., Kamelia, I., & Afroh, F. (2021). Systematic Literature Review: Pengaruh Tingkat Pengungkapan Sukarela Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Muhammadiyah Jember; Jl.Karimata No.49 Kec.Sumbersari, 1–14.

Aulianingrum, R. Dewi. Rochmawati. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Status Sosial Orang tua, dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keungan Pribadi Siswa. Pendidikan Ekonomi, 15(2), 198–206. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.24894

Aulianingrum, R. D., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Siswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 15(2), 198–206. https://doi.org/10.19184/JPE.V15I2.24894

Bangun, E. R. (2021). Regulasi Penawaran Saham Berbasis Equity Crowdfunding (ECF) serta Perbandingan terhadap Initial Public Offering (IPO). Tanjungpura Law Journal, 5(2), 149–173. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/tlj.v5i2.43048

Billari, F. C., Favero, C. A., & Saita, F. (2023). Online financial and demographic education for workers: Experimental evidence from an Italian Pension Fund. Journal of Banking and Finance, 151, 106849. https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2023.106849

Brilianti, T. R., & Lutfi, L. (2020). Pengaruh pengetahuan keuangan, pengalaman keuangan, dan pendapatan terhadap perilaku keuangan keluarga. Journal of Business & Banking, 9(2), 197–213. https://doi.org/10.14414/JBB.V9I2.1762

Chashmi, S. J. E., Aruguete, M., Sadri, M., Montag, C., & Shahrajabian, F. (2023). Psychometric properties of the fear of missing out (FOMO) Scale in iranian students: Reliability, validity, factor structure, and measurement invariance. Telematics and Informatics Reports, 10, 100066. https://doi.org/10.1016/J.TELER.2023.100066

Creswell, J. W. (2004). Research Design: Qualitative Quantitative And Mixed Methods Approaches. University of Nebraska.

Fajriyah, I. L., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh uang saku dan pendidikan keuangan keluarga terhadap pengelolaan keuangan pribadi melalui literasi keuangan sebagai intervening. INOVASI, 17(1), 61–72. https://doi.org/10.30872/JINV.V17I1.9176

Fatmala, W. (2022). Literasi Pengelolaan Keuangan Cerdas pada Anak Usia Dini. Buletin Poltanesa, 23(1). https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1263

Fensca F, L., Rupilele, F. G. J., Muskita, S. M. W., Ferdinandus, A. Y., Pakpahan, Ratna R, L. O., & Madina. (2022). Pentingnya Pengenalan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Rumah Baca Kanaan Kota Sorong. J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community), 5(2), 42–56. https://doi.org/10.34124/JPKM.V5I2.118

Hidajat, T. (2018). Retracted: Financial Literacy, Ponzi and Pyramid Scheme in Indonesia. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(2), 198–205. https://doi.org/10.15294/jdm.v9i2.16261

Jannah, S. N. F., Sacharissa Rosyiidiani, T., Hidayatullah, S., & Korespondensi, P. (2022). Gejala Fear of Missing Out dan Adiksi Media Sosial Remaja Putri di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.22146/JPMMPI.V3I1.73583

Khrishananto, R., & Adriansyah, M. A. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 323–336. https://doi.org/10.30872/PSIKOBORNEO.V9I2.5973

Krisdayanthi, A. (2019). Penerapan Financial Parenting (Gemar Menabung) Pada Anak Usia Dini. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 4(1), 1. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1063

Lutfi, L., & Prihatiningrum, V. (2023). SOCIAL MEDIA , ISLAMIC FINANCIAL LITERACY , AND ISLAMIC BANKING PRODUCT OWNERSHIP : A MODERATING MODEL Many Islamic financial institutions provide Islamic investment. 11(1), 35–58. https://doi.org/10.18860

Mollick, E. (2014). The dynamics of crowdfunding: An exploratory study. Journal of Business Venturing, 29(1), 1–16. https://doi.org/10.1016/J.JBUSVENT.2013.06.005

Mundir, A., & Mundir, A. (2018). PENERAPAN PENDIDIKAN FINANCIAL PADA ANAK USIA SEKOLAH. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(2), 108–120. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i2.178

Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.32509/ABDIMOESTOPO.V5I2.1654

Pahlevi, R., Pahlevi, R. W., & Nashrullah, L. (2021). Pendidikan Keuangan Keluarga, Kesadaran Keuangan dan Tingkat Personal Finance. AFRE (Accounting and Financial Review), 3(2), 172–179. https://doi.org/10.26905/afr.v3i2.5840

Pranoto, P., Fauzi, R. D., Kustini, E., Maduningtias, L., & Yuangga, K. D. (2020). Literasi Keuangan (Financial Literacy) untuk Siswa SMK Sasmita Jaya. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 119–122. https://doi.org/10.32672/BTM.V2I2.2137

Rapih, S. (2016). PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK: Mengapa Dan Bagaimana? Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28

Saragih, F. (2020). Pengelolaan Keuangan Melalui Menabung Pada Anak Usia Dini Di Desa Binjai Bakung Kabupaten Deli Serdang. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(1), 14–20. https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i1.4236

Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021a). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid 19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Warta LPM, 24(2), 309–318. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13481

Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021b). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid 19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Warta LPM, 24(2), 309–318. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13481

Savitri, J. A., & Psikologi, J. (2019). Fear of Missing Out dan Kesejahteraan Psikologis Individu Pengguna Media Sosial di Usia Emerging Adulthood. Acta Psychologia, 1(1), 87–96. https://doi.org/10.21831/AP.V1I1.43361

Sholikha, D. W. (2022). Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Educatio, 17(2), 178–191. https://doi.org/10.29408/EDC.V17I2.9437

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; ke 2). Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Sofia Yustiyani Suryandari, Ed.; ke 5). Alfabeta.

Suwarta, N. (2022). Nilai Pendidikan Dan Identitas Sosial Calon Brahmana Dalam Novel Arok Dedes. Lingua Franca, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/lf.v6i2

Swaner, L. E., Eckert, J., Ellefsen, E., & Lee, M. H. (2023). Innovative structural and financial models in U.S. Christian education. International Journal of Educational Development, 100(September 2022), 102784. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102784

Tripalupi, R. I. (2019). Equity Crowdfunding Syari’ah Dan Potensinya Sebagai Instrumen Keuangan Syari’ah Di Indonesia. ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, 13(2), 229–246. https://doi.org/10.15575/ADLIYA.V13I2.6440

Villa, Z. M., Sunarti, E., & Muflikhati, I. (2020). Perilaku Investasi Anak Menentukan Peran Nilai Anak dalam Kesejahteraan Anak. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(2), 151–162. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.2.151

Wahyuni, S., Liza, L. O., Syahdan, Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). ‘Treasure hunt’: Using loose parts media to develop social financial education model for early children. Heliyon, 9(6), e17188. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17188

Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pemahaman Guru mengenai Pendidikan Sosial Finansial pada Anak Usia Dini menggunakan Media Loose Parts. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 962. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.493

Widyakto, A., Murtini, D., Hanifah, R. U., & Santoso, A. (2022). Pengaruh Pendidikan Keuangan Di Keluarga, Pegetahuan Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan. Owner, 7(1), 410–422. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1256

Widyawati, I. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 1(1), 89. https://doi.org/10.25273/jap.v1i1.527

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1), 11–26. https://doi.org/10.21831/NOMINAL.V6I1.14330

Yuwono, W. (2021). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663

Zuniarti, M., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, pendidikan keuangan keluarga, kontrol diri terhadap manajemen keuangan mahasiswa dengan literasi keuangan sebagai moderating. AKUNTABEL, 18(3), 479–489. https://doi.org/10.30872/JAKT.V18I3.9609

Downloads

Published

2023-09-18

How to Cite

Amadi, A. S. M., Suwarta, N., Sholikha, D. W., & Amrullah, M. (2023). Pemahaman Pendidikan Finansial Sejak Dini. Journal of Education Research, 4(3), 1419–1428. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.356

Issue

Section

Articles