Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawasan Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru

Kaiman Kaiman(1Mail), Yasir Arafat(2), Mulyadi Mulyadi(3),
(1) Sekolah Dasar Negeri PAUH Tungkal Jaya, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Kaiman Kaiman, Yasir Arafat, Mulyadi Mulyadi

DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.33

Download Full Text:   [File Size  : 139KB]  Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dampak kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Tungkal Jaya; (2) mengetahui dampak pengawasan terhadap peningkatan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Tungkal Jaya; (3) mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Tungkal Jaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah (X1), etos kerja (X2). dan variabel X3 kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja terhadap kinerja guru SD Negeri Tungkal Jaya. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel. 0,932 > 0,05 dengan taraf signifikan sebesar 0,450 > 0,05. Artinya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru SD Negeri Tungkal Jaya. Begitu juga dengan etos kerja guru 1,257 > 0,05 dengan taraf signifikan 0,336 > 0,05. Artinya etos kerja mempengaruhi kinerja guru SD Negeri Tungkal Jaya

Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah; Etos Kerja; Konerja Guru

References


Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon, H. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Astuti, R. W., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). The Influence of Leadership Styles and Work Motivation on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 105-114. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/33

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Budiyono, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal Supervision and Organizational Climate toward Teacher’s Performance. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities Vol 2: Issue II, Apr - Jun 2020.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1).

Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432. https://doi.org/10.25217/ji.v2i2.178

Kristiawan, M., & Asvio, N. (2018). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 86-95.

Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving Creativity Room to Students Through the Friendly School’s Program. International Journal of Scientific & Technology Research Volume 7, Issue 7. Retrieved from https://www.ijstr.org/final-print/july2018/Giving-Creativity-Room-To-Students-Through-The-Friendly-Schools-Program.pdf

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58-69. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/10

Rahmadoni, J. (2018). Isu Global Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SD Indonesian Creative School Pekanbaru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan 3(2), Juli-Desember 2018.

Rahmadoni, J. (2018). Perancangan Simulasi Pembelajaran Kriptografi Klasik Menggunakan Metode Web Based Learning. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 34-43. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.160

Ruslan, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1). Retrieved from https://ijpsat.ijsht-journals.org/index.php/ijpsat/article/view/1733

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2015). Budaya Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tobari., Kristiawan, M. & Asvio, N. (2018). The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality in Asean Economic Community (AEC) Era. International Journal of Scientific & Technology Research 7 (4).

Yuliani, T. & Kristiawan, M. (2016). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP Vol. 1, No. 2.


Article Metrics

 Abstract Views : 186 times
 PDF Downloaded : 175 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.