Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Sulastri Sulastri Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Prabumulih, Indonesia
  • Happy Fitria Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Alfroki Martha Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Keywords:

Kompetensi, Profesional Guru, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 8 Prabumulih menggunakan pendekatan kualitatif etnografi dan fenomenologis. Penelitian menggunakan sampel populasi yakni sampel penelitian sama dengan jumlah populasi yakni 62 orang guru dan pegawai. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif naratif yang diterapkan dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) kompetensi Guru SMP Negeri 8 Prabumulih relatif baik; 2) upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam mengembangkan kompetensi professional dengan mengikuti diklat, pelatihan penataran, workshop, dan kelompok kerja guru, dan 3) kendala yang dihadapi diantaranya penguasaan ilmu dan teknologi yang masih kurang, kurang kreatifitas guru, guru yang mengajar bukan dibidangnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanli, H. K & Sabandi, A. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan 5(1), Januari-Juni 2020.

Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), 1830187. doi:https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.19

Astuti, R. W., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). The Influence of Leadership Styles and Work Motivation on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 105-114. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/33

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Darmiati, D., Kristiawan, M., & Rohana, R. (2020). The Influence of School Leadership and Work Motivation toward Teacher’s Discipline. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 32-44. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/8

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1).

Hartiwi, H., Kozlova, A. Y & Masitoh, F. (2020). The Effect of Certified Teacher and Principal Leadership Toward Teacher’s Performance. International Journal of Educational Review Vol. 2, Issue 70-88. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/IJER/article/view/10629

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193-199. doi:https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.21

Kristiawan, M. (2015). A Model of Educational Character in High School Al-Istiqamah Simpang Empat, West Pasaman, West Sumatera. Research Journal of Education, 1(2), 15-20.

Kristiawan, M., Nizarani., & Syamsidar. (2019). Role of School on Forming Character of Z-Generation Through Entrepreneurial Skills. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10).

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373 - 390. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348

Suratman, S., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). The Influence of Principal’s Leadership and Teacher’s Competence toward Teacher’s Performance in Indonesia. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 96-104. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/32

Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Qualitatif I: Dasar Teoritis dan Karakteristiknya. Surakarta: UNS.

Rahmadoni, J. (2018). Isu Global Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SD Indonesian Creative School Pekanbaru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan 3(2), Juli-Desember 2018.

Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher’s Professionalism toward Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13-23. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/6

Rusdiana & Irfan, M. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Wachidi., Rodgers, A., & Tumanov, D. Y. (2020). Professional Competence Understanding Level of Elementary School in Implementing Curriculum 2013. International Journal of Educational Review Vol. 2, Issue 99-105. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/IJER/issue/view/814

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Citation Check