Penggunaan Metode Bervariasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.286Keywords:
Bilangan Bulat, Metode Bervariasi, Pembelajaran MatematikaAbstract
Rendahnya tingkat keberhasilan dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi bilangan bulat, disebabkan oleh kurangnya pemahaman awal siswa terhadap konsep dasar matematika, seperti kesulitan dalam memahami operasi bilangan bulat, perbandingan bilangan bulat, membedakan antara bilangan positif dan negatif, dan kesulitan mengidentifikasi solusi untuk masalah bilangan bulat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa terhadap konsep dasar matematika terkait materi bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran bervariasi, seperti Direct Instruction, Cooperative Learning, dan Problem Base Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMPN 03 Bangkinang. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII C, yang berjumlah 23 orang.Penelitian ini menggunakan 2 siklus dimana masing-masing terdiri dari 4 langkah (perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode bervariasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pembelajaran matematika. Pada siklus pertama, data hasil penilaian siswa menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan, dengan rata-rata 70,65 dan persentase ketuntasan 47,8%, dan pada siklus kedua, hasil penilaian menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan, dengan rata-rata 78,04 dan persentase ketuntasan 82,6%. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini mencapai ketuntasan di atas 80%.. Berdasarkan hasil penelitian , Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bervariasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pembelajaran matematika
Downloads
References
Aledya, V. (2019). Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May), 0–7.
Leonard, L. (2012). Peran Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(Vol 2 No. 1), 248–262. https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2457
Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 402. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19332
Skemp, T. (2022). Fajri Elang Giriansyah 1 , Heni Pujiastuti 2 1,2. 2015, 151–155.
Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidkan. Comdes, 13. http://idr.uin-antasari.ac.id/6633/1/Buku Landasan Pendidikan.pdf
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. 15–49.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79. http://103.55.216.55/index.php/lentera_pendidikan/article/viewFile/516/491
Isjoni. (2016). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajan Kelompok. 16–68.
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Diah Fauziyah Putri, Daliyah Narayani, Dwi Yulandari, Risky Ilahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).