Penggunaan Metode Bervariasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika

Authors

  • Diah Fauziyah Putri Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Daliyah Narayani Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Dwi Yulandari Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Risky Ilahi Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.286

Keywords:

Bilangan Bulat, Metode Bervariasi, Pembelajaran Matematika

Abstract

Rendahnya tingkat keberhasilan dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi bilangan bulat, disebabkan oleh kurangnya pemahaman awal siswa terhadap konsep dasar matematika, seperti kesulitan dalam memahami operasi bilangan bulat, perbandingan bilangan bulat, membedakan antara bilangan positif dan negatif, dan kesulitan mengidentifikasi solusi untuk masalah bilangan bulat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa terhadap konsep dasar matematika terkait materi bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran bervariasi, seperti Direct Instruction, Cooperative Learning, dan Problem Base Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMPN 03 Bangkinang. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII C, yang berjumlah 23 orang.Penelitian ini menggunakan 2 siklus dimana masing-masing terdiri dari 4 langkah (perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode bervariasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pembelajaran matematika.  Pada siklus pertama, data hasil penilaian siswa menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan, dengan rata-rata 70,65 dan persentase ketuntasan 47,8%, dan pada siklus kedua, hasil penilaian menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan, dengan rata-rata 78,04 dan persentase ketuntasan 82,6%. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini mencapai ketuntasan di atas 80%.. Berdasarkan hasil penelitian , Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bervariasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pembelajaran matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aledya, V. (2019). Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May), 0–7.

Leonard, L. (2012). Peran Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(Vol 2 No. 1), 248–262. https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2457

Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 402. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19332

Skemp, T. (2022). Fajri Elang Giriansyah 1 , Heni Pujiastuti 2 1,2. 2015, 151–155.

Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidkan. Comdes, 13. http://idr.uin-antasari.ac.id/6633/1/Buku Landasan Pendidikan.pdf

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. 15–49.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79. http://103.55.216.55/index.php/lentera_pendidikan/article/viewFile/516/491

Isjoni. (2016). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajan Kelompok. 16–68.

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Diah Fauziyah Putri, Narayani, D., Yulandari, D., & Ilahi, R. (2023). Penggunaan Metode Bervariasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika . Journal of Education Research, 4(3), 1476–1480. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.286

Issue

Section

Articles

Citation Check