Penerapan Permainan Tutup Botol terhadap Kemampuan Membilang Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.268Abstract
Pada hakekatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses belajar mengajar merupakan pemegang peran yang sangat penting. Guru bukan hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membilang dengan menerapkan permainan tutup botol. Karena selain bermain dapat memberikan kesenangan juga dapat membantu mengembangkan potensi fisik melalui melalui gerak, kognitif pengenalan penjumlahan dan pengurangan, kemandirian, sosial, emosional. Hasil pembahasan yaitu kemampuan membilang anak usia lima sampai enam tahun di TK Dharma Wanita I Pojoksari meningkat melalui permainan tutup botol. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan kemampuan membilang dengan bermain tutup botol pada anak, hal ini dikarenakan media yang digunakan yaitu tutup botol dapat menarik perhatian anak serta kreativitas guru dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan dan penyampaian materi sudah sesuai dengan kemampuan anak
Downloads
References
Arikunto. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdikbud. 1986. Petunjuk Proses Belajar Mengajar di Toman Kanak – Kanak. Jakarta.
Depdikbud. 1997. Metode Khusus Pengembangan Daya Pikir di TK. Jakarta.
Depdiknas. 2000. Permainan Berhitung di TK. Jakarta.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Menunjang Kecakapan Hidup Siswa. Jakarta.
Depdiknas. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.
Depdiknas. 2006. Materi Pembekalan Guru Berprestasi Jenjang TK, SD, SMP, SMA, Propinsi Jawa Timur. LPMP Jatim.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik di TK, Jakarta.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di TK, Jakarta.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di TK, Jakarta.
Dimyati, Johni. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: prenadamedia grup.
Gusmanti, Vivi, dkk. 2021. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Matematika Permulaan melalui Permainan Kotak Pintar dengan Media Tutup botol di TK Ananda Kota Payakumbuh Sumatera Barat”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, Vol. 3, No. 4, Spesial Issue edisi 1, Tahun 2021.
Hidayati, Eny dan Hagus Muhanyanto. 2016. “Peningkatan Kemampuan Membilang 1-20 Melalui Permainan Tutup Botol Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jurnal CARE, Vol. 3, No. 2, Januari 2016.
Husni, Afdila. 2013. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tutup Botol Minuman Berwarna di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Lima Puluh Kota”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
JIM TAYLOR. 2005. Memberi Dorongan Positif Pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT Indeks.
Madyawati, Lilis. 2013. Bermain Dan Permainan I (Untuk Anak). Jakarta: prenadamedia grup.
Mariasni. 2014. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Menyusun Tutup Botol di Taman Kanak-kanak Darul Aulad Kapa Pasaman Barat”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Mel Levine, M.D. 2004. A Mind at a time. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Muthmainnah dan Nurma. 2019. “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Tutup Botol di TK Meulati Mon Pasong Aceh Barat”. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5, No. 2, Juli-Desember, Tahun 2019.
Novita, Eni dan Syahrul Ismet. 2018. “Peningkatan Kemampuan Mencocokan Angka Melalui Permainan Tutup Botol di Taman Kanak-kanak ABA Simpang Tiga Pasaman Barat”. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, Vol. 5, No. 2, Tahun 2018.
Nuraida. 2013. “Peningkatan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Angka Melalui Permainan Tutup Botol di TK Aisyiyah Air Bayang Ujung Gading”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Oemar Hamalis. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung.
Puspita, Yenda, dkk. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam mengenal Lambang Bilangan 1-20 melalui Bermain Kartu Angka”. Journal of Education Research, 3 (3), 2022, pages 112-118.
Rismayani, Hetilaniar, dan Mardiana Sari. 2022. “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan TUPTOLTAR (Tutup Botol Pintar) Di Kb Nur Darulsalam Banyuasin III”. ULIL ALBAB: Jurnal Mutidisiplin, Vol. 1, No. 5, April 2022.
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardinian, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanti, Ely. 2020. “Eksplorasi Etnomatika Konsep Operasi Hitung Dalam Permainan Tradisional Kempreng”. Suska Journal Of Mathematics Education, Vol. 6, No. 1, Hal.001-008, 2020.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
Syamsuriah, S., Marzuki, K., & Ichsan, I. R. 2021. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Media Tutup Botol pada Anak Kelompok B di TK Negeri 1 Sigerongan Kab. Lombok Barat Nusa Tenggara Barat”. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 3(4), 112-119.
Utami, Weryani Sotyo, dkk. 2021. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Permainan Tutup Botol dan Titik di TK PGRI 104 Jatisari Semarang Barat Jawa Tengah”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran.
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Sulastri Sulastri, Aslamiyah Aslamiyah, Nurul Khotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).