Peningkatan Hasil Belajar Menulis Ringkasan Melalui Gerakan Literasi Sekolah pada Siswa Kelas 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.188Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan melalui literasi siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam PTK. Desain ini dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran menulis ringkasan. Teknik pengumpulan data dalam PTK ini meliputi pengamatan, wawancara, dan tes. Pengamatan dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran, sedangkan wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi dari siswa dan guru mengenai pengalaman belajar dan pembelajaran. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran menulis ringkasan. Teknik analisis data yang digunakan dalam PTK ini meliputi analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan untuk menjelaskan hasil pengamatan dan wawancara, sedangkan analisis deskriptif kuantitatif dilakukan untuk menjelaskan hasil tes siswa. Selain itu, analisis statistik seperti uji t juga digunakan untuk mengevaluasi perbedaan signifikan antara hasil tes sebelum dan setelah penerapan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran menulis ringkasan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran menulis ringkasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat terjadi karena adanya perbaikan dalam metode pembelajaran dan kegiatan-kegiatan literasi yang dilakukan di luar jam pelajaran seperti membaca buku, mengikuti lomba menulis, dan membuat blog. Oleh karena itu, disarankan agar penerapan gerakan literasi sekolah dapat diterapkan secara konsisten dan terus-menerus dalam pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Antoro, B., Boeriswati, E., & Leiliyanti, E. (2021). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal KIBASP, 5(1), 1–15.
Arifa, T. R., Jumiati, Arifin, & Fahmi, M. (2022). Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Tinggi Mi Tarbiyatul Islamiyah. Jurnal Inovasi Pendidkan, 3(5), 6383–6388.
Azimah, R. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran di Kelas Tinggi. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 934–947. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7567
Dian, R., Putri, P., Guru, P., Dasar, S., & Ahmad, U. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Ditinjau Dari Tahap Pengembangan Di Sd Muhammadiyah. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 121–134.
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280
Firdaus, D., Wati, S., Sesmiarni, Z., & Aprison, W. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Siswa Man 4 Agam. Koloni, 1(2), 322–332. https://koloni.or.id/index.php/koloni/article/view/65%0Ahttps://koloni.or.id/index.php/koloni/article/download/65/64
Huda, K. W., & Rohmiyati, Y. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Media Buku Cerita Bergambar di SD Negeri Wotan 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 117–126. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26864
Jariah, S., & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 846–856. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2643
Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke- 21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862
Pradana, B. H., Nurul, F., & Rochana, T. (2017). Pelaksanaan gerakan literasi sekolah sebagai upaya membentuk habitus literasi siswa di sma negeri 4 magelang. Jurnal Solidarity, 6(2), 12–25.
Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211
Ratnawati, L. A. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3616–3625.
Suyono, Titik, H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050
Ummami, W., Wandra, D., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1673–1682. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/984
Yunianika, I. T., & . S. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Dheetyas Sukarno, Bashori Harun Arrosid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).