Peningkatan Hasil Belajar Menulis Ringkasan Melalui Gerakan Literasi Sekolah pada Siswa Kelas 5 SD

Authors

  • Dheetyas Glibson Rajindra Azizi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Bashori Harun Arrosid Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.188

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan melalui literasi siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam PTK. Desain ini dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran menulis ringkasan. Teknik pengumpulan data dalam PTK ini meliputi pengamatan, wawancara, dan tes. Pengamatan dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran, sedangkan wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi dari siswa dan guru mengenai pengalaman belajar dan pembelajaran. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran menulis ringkasan. Teknik analisis data yang digunakan dalam PTK ini meliputi analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan untuk menjelaskan hasil pengamatan dan wawancara, sedangkan analisis deskriptif kuantitatif dilakukan untuk menjelaskan hasil tes siswa. Selain itu, analisis statistik seperti uji t juga digunakan untuk mengevaluasi perbedaan signifikan antara hasil tes sebelum dan setelah penerapan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran menulis ringkasan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran menulis ringkasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat terjadi karena adanya perbaikan dalam metode pembelajaran dan kegiatan-kegiatan literasi yang dilakukan di luar jam pelajaran seperti membaca buku, mengikuti lomba menulis, dan membuat blog. Oleh karena itu, disarankan agar penerapan gerakan literasi sekolah dapat diterapkan secara konsisten dan terus-menerus dalam pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antoro, B., Boeriswati, E., & Leiliyanti, E. (2021). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal KIBASP, 5(1), 1–15.

Arifa, T. R., Jumiati, Arifin, & Fahmi, M. (2022). Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Tinggi Mi Tarbiyatul Islamiyah. Jurnal Inovasi Pendidkan, 3(5), 6383–6388.

Azimah, R. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran di Kelas Tinggi. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 934–947. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7567

Dian, R., Putri, P., Guru, P., Dasar, S., & Ahmad, U. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Ditinjau Dari Tahap Pengembangan Di Sd Muhammadiyah. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 121–134.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280

Firdaus, D., Wati, S., Sesmiarni, Z., & Aprison, W. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Siswa Man 4 Agam. Koloni, 1(2), 322–332. https://koloni.or.id/index.php/koloni/article/view/65%0Ahttps://koloni.or.id/index.php/koloni/article/download/65/64

Huda, K. W., & Rohmiyati, Y. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Media Buku Cerita Bergambar di SD Negeri Wotan 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 117–126. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26864

Jariah, S., & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 846–856. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2643

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke- 21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862

Pradana, B. H., Nurul, F., & Rochana, T. (2017). Pelaksanaan gerakan literasi sekolah sebagai upaya membentuk habitus literasi siswa di sma negeri 4 magelang. Jurnal Solidarity, 6(2), 12–25.

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211

Ratnawati, L. A. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3616–3625.

Suyono, Titik, H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050

Ummami, W., Wandra, D., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1673–1682. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/984

Yunianika, I. T., & . S. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331.

Downloads

Published

2023-05-05

How to Cite

Azizi, D. G. R., & Arrosid, B. H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Ringkasan Melalui Gerakan Literasi Sekolah pada Siswa Kelas 5 SD. Journal of Education Research, 4(2), 496–501. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.188

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)