Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Nira Nira Universitas Terbuka, Indonesia
  • Redo Andi Marta Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Indonesia
  • Mery Noviyanti Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1591

Keywords:

LKPD, Bangun Ruang, Volume Balok, Kubus

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tuntutan yang tinggi untuk menguasai matematika seringkali tidak sejalan dengan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam mencapai hasil belajar yang memadai dalam matematika, yang pada gilirannya mempengaruhi perkembangan peserta didik. Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar dalam matematika adalah kurangnya minat peserta didik untuk memahami subjek tersebut. Selain itu kemahiran dalam mengatasi permasalahan matematika, khususnya terkait dengan topik volume kubus dan balok, masih rendah di kalangan beberapa siswa. Sejumlah peserta didik menghadapi kendala saat menghadapi soal-soal, yang mengakibatkan sebagian besar dari mereka tidak berhasil mencapai KKM yang telah ditentukan 75. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pendekatan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk wawancara, angket, dan tes untuk memperoleh validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan. Hasil validasi ahli materi LKPD berbasis problem based learning adalah 1) Aspek kesesuaian materi dengan SK KD dengan rata-rata keseluruhan: 3.67 dengan kriteria valid, Aspek kualitas isi dengan rata-rata keseluruhan: 3.48 dengan kriteria valid. 2) Aspek kelayakan dengan rata-rata keseluruhan: 3.33 dengan kriteria valid. 3) Aspek kebahasaan dengan rata-rata keseluruhan: 3.42 dengan kriteria valid dan aspek 4) Keterlaksanaan dengan rata-rata keseluruhan: 3.52 dengan kriteria valid, sedangkan hasil validasi desain adalah 1) kualitas isi dengan rata-rata  keseluruhan: 3.35 dengan kriteria validasi. 2) Aspek desain dengan rata-rata keseluruhan: 3.38 dengan kriteria valid. 3) Kebahasaan dengan rata-rata keseluruhan: 3.44 dengan kriteria valid. 4) Keterlaksanaan dengan rata-rata  keseluruhan: 3.34 dengan kriteria valid. Hasil uji coba skala kecil dan skala luas, serta analisis angket yang diisi oleh siswa, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem-Based Learning (PBL) ini menarik dan efektif untuk digunakan sebagai referensi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learningpada Topik Sudut. Jurnal Pendidikan Matematika, pp 190-200.

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learningpada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, pp 68-76.

As’ari, A.R., dkk. (2017) Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas VII. Buku Sekolah Elektronik (BSE). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Effendi Refki, Herpratiwi, dan Sugeng Sutiarso. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learningdi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 5 (2).

Hasratuddin. (2021). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 130.

Masdar, & Lestari, N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learningpada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Kelas II SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan, pp 16-21.

Nana. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Fisika Berbasis Model Pembelajaran POE2WE. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, pp 333-334.

Pristawanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, pp 7911-7915.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Umbaryati. (2018). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), pp 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Nira, N., Marta, R. A., & Noviyanti, M. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(4), 5137–5145. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1591

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check