Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1591Keywords:
LKPD, Bangun Ruang, Volume Balok, KubusAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi tuntutan yang tinggi untuk menguasai matematika seringkali tidak sejalan dengan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam mencapai hasil belajar yang memadai dalam matematika, yang pada gilirannya mempengaruhi perkembangan peserta didik. Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar dalam matematika adalah kurangnya minat peserta didik untuk memahami subjek tersebut. Selain itu kemahiran dalam mengatasi permasalahan matematika, khususnya terkait dengan topik volume kubus dan balok, masih rendah di kalangan beberapa siswa. Sejumlah peserta didik menghadapi kendala saat menghadapi soal-soal, yang mengakibatkan sebagian besar dari mereka tidak berhasil mencapai KKM yang telah ditentukan 75. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pendekatan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk wawancara, angket, dan tes untuk memperoleh validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan. Hasil validasi ahli materi LKPD berbasis problem based learning adalah 1) Aspek kesesuaian materi dengan SK KD dengan rata-rata keseluruhan: 3.67 dengan kriteria valid, Aspek kualitas isi dengan rata-rata keseluruhan: 3.48 dengan kriteria valid. 2) Aspek kelayakan dengan rata-rata keseluruhan: 3.33 dengan kriteria valid. 3) Aspek kebahasaan dengan rata-rata keseluruhan: 3.42 dengan kriteria valid dan aspek 4) Keterlaksanaan dengan rata-rata keseluruhan: 3.52 dengan kriteria valid, sedangkan hasil validasi desain adalah 1) kualitas isi dengan rata-rata keseluruhan: 3.35 dengan kriteria validasi. 2) Aspek desain dengan rata-rata keseluruhan: 3.38 dengan kriteria valid. 3) Kebahasaan dengan rata-rata keseluruhan: 3.44 dengan kriteria valid. 4) Keterlaksanaan dengan rata-rata keseluruhan: 3.34 dengan kriteria valid. Hasil uji coba skala kecil dan skala luas, serta analisis angket yang diisi oleh siswa, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem-Based Learning (PBL) ini menarik dan efektif untuk digunakan sebagai referensi belajar siswa.
Downloads
References
Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learningpada Topik Sudut. Jurnal Pendidikan Matematika, pp 190-200.
Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learningpada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, pp 68-76.
As’ari, A.R., dkk. (2017) Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas VII. Buku Sekolah Elektronik (BSE). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Effendi Refki, Herpratiwi, dan Sugeng Sutiarso. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learningdi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 5 (2).
Hasratuddin. (2021). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 130.
Masdar, & Lestari, N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learningpada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Kelas II SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan, pp 16-21.
Nana. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Fisika Berbasis Model Pembelajaran POE2WE. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, pp 333-334.
Pristawanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, pp 7911-7915.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA
Umbaryati. (2018). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), pp 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nira Nira, Redo Andi Marta, Mery Noviyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).