Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi terhadap Keterampilan Menirukan Gerak Hewan pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.152Abstract
Riset ini dilatarbelakangi oleh minimnya kerjasama yang dilakukan siswa saat berkelompok dalam pembelajaran. Tujuan riset ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh pembelajaran kolaborasi terhadap keterampilan menirukan gerak hewan pada siswa SD kelas 5. Metode riset yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan pretes dan postes. Teknik analisis dengan menggunakan uji statistic sederhana. Hasil riset menunjukan bahwa pembelajaran kolaborasi yang dilakukan guru kelas 5 berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menirukan gerak hewan pada siswa sekolah dasar saat pembelajaran tematik sains dilakukan. Pembelajaran kolaborasi harus terus dilakukan guru agar keterampilan psikomotorik siswa semakin berkembang. Pembelajaran kolaborasi merupakan pembelajaran masa kini dan masa depan karena kepandaian seseorang saat ini salah satunya diukur dari kemampuan berkolaborasi dan/atau kerjasama untuk mengerjakan suatu proyek atau bidang tertentu. Pembelajaran kolaborasi menuntut siswa memiliki keterampilan emosi yang baik. Periset berikutnya bisa meriset tentang pentingnya sikap saling menghargai antar teman agar pembelajaran kolaborasi semakin bisa diterapkan pada jenjang berikutnya.
Downloads
References
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O., P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. In Unissula Press (Pertama, Vol. 1, Issue 1). Unissula Press. https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005
Agustin, R., D., & Mindaudah. (2022). Pengaruh Media Film Animasi terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(2), 80–90. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.80
Anandya, R., A., M., Hafidah, R., & Nurjanah, N., E. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini melalui Animal Fun. VISI: Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(1), 53–62. https://doi.org/10.21009/jiv.1501.6
Andri, & Istyawati, I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Tingkat Kerjasama Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM pada Mata Pelajaran Menggambar di SMKN 1 Jetis Mojokerto. JPTM, 01(02), 28–37.
Antika, R., Nurhaedah, & Suarlin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Sikap Kerjasama pada Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education, 2(6), 190–205.
Arhalifi, Witarsa, R., & Nurmalina. (2023). Analisis Pembelajaran Jaring Bangun 3 Dimensi pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 171–177.
Asha, L. (2022). Persepsi Siswa terhadap Kolaborasi Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 16–29. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i1.4851
Dewi, N., K., N., S., Astawan, I., G., & Margunayasa, I., G. (2020). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 294–302. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/25458
Dewi, R., M., & Mailasari, D., U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 220–275. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8796
Fitria, Y. (2018). Landasan Pembelajaran Sains Terintegrasi (Terpadu) untuk Level Dasar (S. Jumiatti (ed.); Pertama, Issue 1). Sukabina Press.
Fitriani. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Sosial terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa MAN Tanah Jambo Aye. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(2), 82–93. https://doi.org/10.21009/jpd.071.03
Hariyati, Z., L., Mahmud, A., & Rohana. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kerjasama Siswa Kelas V SD. NSJ: Nubin Smart Journal, 1(1), 15–21.
Kiya, A., & Alucyana. (2021). Pengaruh Kerjasama Orang Tua dan Guru terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelas B PAUD IT Bunayya. Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 14–22.
Lesilolo, H., J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Mahdiah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik melalui Kegiatan Menirukan Gerakan Binatang dengan Metode Demonstrasi pada Kelompok A TK Insan Kecamatan Batang Alai Utara. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 5(1), 21–24.
Ode, N., M., Y., Bialangi, N., & Ischak, N., I. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia di SMA Negeri 1 Telaga Biru T. A 2015/2016. Jurnal Entropi, 12(2), 157–164.
Sari, R., I., Niswah, C., Sofyan, F., A., & Sunardi. (2022). Hubungan Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NU 2 Palembang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1105–1113.
Syaripudin, Witarsa, R., & Masrul. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. Journal of Education Research, 4(1), 178–184.
Trisniati, S., Jalmo, T., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Kerjasama dan Hasil Belajar. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(3), 1–15.
Wahyuni, R., & Witarsa, R. (2023). Penerapan Metode Inkuiri untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 203–209.
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Tety Sarah, Ramdhan Witarsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).