Pengaruh Pendampingan Luring terhadap Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.151Abstract
Riset ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa kelas dua sekolah dasar yang belum terampil membaca awal. Tujuan riset ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh pendampingan luring terhadap keterampilan membaca awal siswa kelas dua sekolah dasar. Metode riset yang digunakan metode riset kuasi eksperimen. Hasil riset menunjukan bahwa pendampingan luring yang dilakukan guru kelas dua berpengaruh signifikan terhadap keterampilan membaca awal siswa sekolah dasar. Pendampingan luring harus terus diberikan pada siswa yang masih belum lancar membaca awal. Pendampingan luring efektif apabila dilakukan secara individu kepada siswa diluar jam sekolah. Keterampilan membaca awal mereka harus terus ditingkatkan sehingga akan berefek kepada hasil belajar literasi dasar lainnya. Periset lainnya bisa melakukan riset tentang efektivitas membaca cepat pada pelaksanaan pendampingan luring agar hasil riset ini bisa lebih komprehensif.
Downloads
References
Aditya, A., M., Latifah, N., & Mawardi. (2022). Pengaruh Pendekatan Whole Language terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SDN Larangan 11. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8215–8224. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.276
Amin, A., J., N., A., Nuraniah, R., & Ridwanullah, A., I. (2021). Efektivitas Pendampingan Belajar terhadap Minat dan Keaktifan Siswa Selama Pandemi Covid-19. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, I(57), 17–32. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/924%0Ahttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/924/829
Arhalifi, Witarsa, R., & Nurmalina. (2023). Analisis Pembelajaran Jaring Bangun 3 Dimensi pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 171–177.
Arminingtyas, I., J., & Ruhaena, L. (2018). Melatih Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar melalui Teknik Bermain dan Psikoedukasi Orangtua. Seminar Nasional Psikologi: Membangun Masyarakat Indonesia Berkarakter Dan Sejahtera Di Era Milenium, 111–116.
Aryandani, N., M., S., Mahadewi, L., P., P., & Wibawa, I., M., C. (2021). Minat Baca dan Peran Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia. Jurnal MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 459–467. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37086
Djaga, S., Riangtati, A., D., & Usman, H. (2020). Pemanfaatan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunung Sari II Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 65–72. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12829
Helvina, M., Noeng, A., Y., & Timba, F., N., S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 3(2), 379–386.
Janawati, D., P., A., & Sueca, I., N. (2022). Pendampingan Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di SD Negeri 3 Sulahan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 514–518.
Lutfi, Sumardi, A., Farihen, & Ilmia, G. (2020). Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8069
Maesaroh, S., Elnawati, & Huri, I. (2021). Efektivitas Pendampingan Orang Tua untuk Meningkatkan Kemandirian Anak di Masa Pandemi pada Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun di PAUD SPS TP Melati V Waluran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4461–4472. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1570%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/1570/1376
Masyitoh, F., E., & Wahid, F., S. (2022). Pendampingan Belajar Secara Luring bagi Siswa Sekolah Dasar di Dukuh Bantarsari Desa Bangsri. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 166–172.
Mufidah, I., & Maulidiyah, E., C. (2022). Pengaruh Game Belajar Membaca terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 10(4), 302–316.
Pradipta, A., & Putri, D., P., S. (2023). Efektivitas Pendampingan Belajar melalui Metode Pembelajaran Luring di Era New Normal. International Journal of Educational and Empowerment, 1(1), 9–14.
Purwati, E., Triputra, D., R., & Setiyoko, D., T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan selama Pembelajaran Daring pada Peserta Didik Kelas 2. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 184–194. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7063809
Ratnasari, K., & Ulum, M., B. (2016). Pendampingan Belajar Membaca dengan Metode Kata Lembaga di Tengah Covid-19. As-Sunniyah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 24–38.
Sabela, R., Oktaviani, T., & Saryanto. (2022). Pendampingan Belajar dan Efektifitas Pendampingan Belajar Siswa di Masa Peralihan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–39. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.8
Salim, A. (2022). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Al-Muttaqien Sumberejo Troso Klaten. EL HAYAH: Jurnal Studi Islam, XII(1), 1–21.
Sukmasetya, P., Satrio, Arrojak, M., Y., Afidah, I., N., Wulandari, C., & Nawangsari, R., S. (2021). Pendampingan Belajar Luring dan Pembuatan Digital Branding Bersama MI Muhammadiyah Sawangan. Jurnal Community Empowerment, 6(2), 129–135. https://doi.org/10.31603/ce.4311
Syaripudin, Witarsa, R., & Masrul. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. Journal of Education Research, 4(1), 178–184.
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Wulandari, P., Nurhaedah, & Raihan, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Literasi Membaca Permulaan melalui Media Flash Card Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Jurnal of Education, 2(6), 8–19.
Zukhrufa, A., Ristiani, A., Pertiwi, D., M., Nabila, F., A., Kamila, S., T., & Kusuma, S., W., D. (2021). Pendampingan Mengajar pada Kompetensi Membaca, Menulis, Berhitung pada Masa Transisi di SDN Pangulah Selatan III. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, XVI, 12–28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Suryaningsih Suryaningsih, Ramdhan Witarsa, Musnar Indra Daulay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).