Pengaruh Supervisi Koordinator Wilayah Kecamatan terhadap Mutu Kepala Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar

Authors

  • Syafrizal Syafrizal S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Nurmalina Nurmalina S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.149

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi oleh mutu kepala sekolah yang datanya belum terbarukan di kecamatan setempat. Tujuan riset ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh supervisi koordinator wilayah kecamatan terhadap mutu kepala sekolah jenjang pendidikan dasar. Metode riset yang digunakan metode riset kuasi eksperimen. Hasil riset menunjukan bahwa supervisi yang dilakukan koordinator wilayah kecamatan bidang pendidikan secara luring berpengaruh signifikan terhadap mutu kepala sekolah pada jenjang pendidikan dasar. Koordinator wilayah kecamatan bidang pendidikan harus lebih konsisten secara terjadwal untuk melakukan supervisi secara luring daripada daring. Peran koordinator wilayah kecamatan bidang pendidikan yang melakukan supervisi luring lebih menambah penghargaan terhadap peran dan mutu kepala sekolah di masing-masing sekolah. Periset berikutnya bisa melakukan riset tentang peran koordinator wilayah kecamatan terhadap mutu guru yang mau melanjutkan studi lanjut ke magister dibawah supervisi koordinator wilayah kecamatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16

Aswan, N., Ahyani, N., & Destiniar. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Penukal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5323–5327. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1315

Darsono, Rokhmaniyah, & Azhar, E. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3444–3450. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1417%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/1417/1236

Dewi, R. (2020). Pengaruh Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru Mts Se-Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus 2016/2017. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Multazam, 2(3), 81–92. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2002

Fahlevi, R., Witarsa, R., & Masrul. (2023). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 7 Insit. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 153–160.

Fatkhurokhim, H. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pendidikan terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 33(5), 3114–3120.

Franciscus, F., Caska, & Azhar. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ujungbatu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2832–2840. https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4570

Gaspar, S. (2021). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19 di SDN Wulandoni. JMP Online, 5(12), 926–943.

Hermanda, N., D., & Hariyati, N. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Keefektifan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(03), 739–748. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/39881

Imah, C. (2018). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri Se- Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Jurnal Administrasi Pendidikan UM Palembang, 1(2), 65–77.

Jati, R., P., Murniati, N., A., N., & Abdullah, G. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(2), 303–314. https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.7997

Karyawati, T., Witarsa, R., & Daulay, M., I. (2023). Pengaruh Kepala Sekolah terhadap Budaya Siswa Suku Akit di Sekolah Dasar Negeri. Journal of Education Research, 4(1), 134–141.

Marwati, Hadriana, & Suarman. (2019). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar di Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(2), 222–237. https://doi.org/10.31258/jmp.7.2.p.222-237

Nomleni, Y., D., K., Lao, H., A., E., Ali, U., & Leobisa, J. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 6 Satap Fatuleu. Jurnal Satya-Sastraharing, 6(1), 58–67.

Nursidah, Yunus, M., & Elpisah. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Mutu Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1), 38–44. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v10n1.p38- 44

Pujianto, Arafat, Y., & Setiawan, A., A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8

Putra, N., N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kualitas Mengajar Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran di Jakarta. Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 1–13.

Sanisah, S., Kadir, A., Lukman, & Edi. (2021). The Effectiveness of Educational Supervision in Covid-19 Pandemic Era. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 19(2), 155–174. https://doi.org/10.20414/jtq.v19i2.4226

Sulistyani. (2021). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SD 1 Prambatan Kidul Kudus Tahun 2020). Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 37–49. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.8384

Susilawati, S. (2022). Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pendampingan Daring Supervisi Akademik dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 6 Caringin Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(10), 2759–2770.

Werdiningsih, W. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 113–124. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.48

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Syafrizal, S., Witarsa, R., & Nurmalina, N. (2023). Pengaruh Supervisi Koordinator Wilayah Kecamatan terhadap Mutu Kepala Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 4(1). https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.149

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)