Pengaruh Supervisi Koordinator Wilayah Kecamatan terhadap Mutu Kepala Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.149Abstract
Riset ini dilatarbelakangi oleh mutu kepala sekolah yang datanya belum terbarukan di kecamatan setempat. Tujuan riset ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh supervisi koordinator wilayah kecamatan terhadap mutu kepala sekolah jenjang pendidikan dasar. Metode riset yang digunakan metode riset kuasi eksperimen. Hasil riset menunjukan bahwa supervisi yang dilakukan koordinator wilayah kecamatan bidang pendidikan secara luring berpengaruh signifikan terhadap mutu kepala sekolah pada jenjang pendidikan dasar. Koordinator wilayah kecamatan bidang pendidikan harus lebih konsisten secara terjadwal untuk melakukan supervisi secara luring daripada daring. Peran koordinator wilayah kecamatan bidang pendidikan yang melakukan supervisi luring lebih menambah penghargaan terhadap peran dan mutu kepala sekolah di masing-masing sekolah. Periset berikutnya bisa melakukan riset tentang peran koordinator wilayah kecamatan terhadap mutu guru yang mau melanjutkan studi lanjut ke magister dibawah supervisi koordinator wilayah kecamatan.
Downloads
References
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16
Aswan, N., Ahyani, N., & Destiniar. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Penukal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5323–5327. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1315
Darsono, Rokhmaniyah, & Azhar, E. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3444–3450. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1417%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/1417/1236
Dewi, R. (2020). Pengaruh Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru Mts Se-Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus 2016/2017. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Multazam, 2(3), 81–92. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2002
Fahlevi, R., Witarsa, R., & Masrul. (2023). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 7 Insit. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 153–160.
Fatkhurokhim, H. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pendidikan terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 33(5), 3114–3120.
Franciscus, F., Caska, & Azhar. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ujungbatu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2832–2840. https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4570
Gaspar, S. (2021). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19 di SDN Wulandoni. JMP Online, 5(12), 926–943.
Hermanda, N., D., & Hariyati, N. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Keefektifan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(03), 739–748. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/39881
Imah, C. (2018). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri Se- Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Jurnal Administrasi Pendidikan UM Palembang, 1(2), 65–77.
Jati, R., P., Murniati, N., A., N., & Abdullah, G. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(2), 303–314. https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.7997
Karyawati, T., Witarsa, R., & Daulay, M., I. (2023). Pengaruh Kepala Sekolah terhadap Budaya Siswa Suku Akit di Sekolah Dasar Negeri. Journal of Education Research, 4(1), 134–141.
Marwati, Hadriana, & Suarman. (2019). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar di Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(2), 222–237. https://doi.org/10.31258/jmp.7.2.p.222-237
Nomleni, Y., D., K., Lao, H., A., E., Ali, U., & Leobisa, J. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 6 Satap Fatuleu. Jurnal Satya-Sastraharing, 6(1), 58–67.
Nursidah, Yunus, M., & Elpisah. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Mutu Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1), 38–44. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v10n1.p38- 44
Pujianto, Arafat, Y., & Setiawan, A., A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8
Putra, N., N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kualitas Mengajar Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran di Jakarta. Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 1–13.
Sanisah, S., Kadir, A., Lukman, & Edi. (2021). The Effectiveness of Educational Supervision in Covid-19 Pandemic Era. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 19(2), 155–174. https://doi.org/10.20414/jtq.v19i2.4226
Sulistyani. (2021). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SD 1 Prambatan Kidul Kudus Tahun 2020). Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 37–49. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.8384
Susilawati, S. (2022). Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pendampingan Daring Supervisi Akademik dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 6 Caringin Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(10), 2759–2770.
Werdiningsih, W. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 113–124. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.48
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Syafrizal Syafrizal, Ramdhan Witarsa, Nurmalina Nurmalina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).