Penerapan Metode Inkuiri untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.148Abstract
Riset ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Tujuan riset ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang duduk di bangku sekolah dasar dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing pada materi mata pelajaran sains agar dapat mengetahui perbedaan yang relevan pada materi sains. Metode riset yang digunakan metode library research dan metode kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah siswa yang duduk di bangku sekolah dasar kelas IV Sekolah Dasar Negeri kosong sebelas Ganting Damai. Hasil riset ini menunjukan bahwa pengaruh pada penerapan metode inkuiri terbimbing terhadap pembelajaran sains di sekolah dasar sangat baik dalam proses pembelajaran karena dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan memodifikasikan sesuatu hal yang telah dipelajari untuk menciptakan suatu hal yang baru serta mampu menciptakan sesuatu hal yang inovatif dalam hasil pengalaman belajarnya. Periset selanjutnya bisa meriset pengalaman belajar siswa yang berkaitan dengan kemampuan membuat produk yang baru dan inovatif.
Downloads
References
Anggraini, K., C., S., Ningsih, E., F., & Syagita, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Berpikir Kreatif Siswa MI dalam Pembelajaran IPA Materi Global Warming. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 70–81.
Detagory, W., N., Hanurawan, F., & Mahanal, S. (2017). Peran Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Transformasi Pendidikan Abad 21, 6(46), 926–933.
Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353–371. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751
Kasmalaili. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di kelas IV SDN 21 Bandar Buat Kec.Lubuk Kilangan. Jurnal Ekasakti Educational, 1(1), 208–2015. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/eej.v1i1.297
Krismanita, R., & Qosyim, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing. E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 159–164. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/37336
Kurniati, F., Soetjipto, & Indana, S. (2018). Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing. 3(1), 15–20. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa%0AMEMBANGUN
Layyina, N., Agustini, R., & Indana, S. (2021). Efektifitas Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Model Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(02), 2005–2015. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p2005-2015
Muliastrini, N., K., E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Lampuhyang, 10(1), 16–30. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/173
Qoyyimah, T., F., & Nugroho, O., F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Pictorial Riddle dalam Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN Gudang. Jurnal Perseda, IV(3), 141–147. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda
Ramadhan, F. A. (2021). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran IPA di Pendidikan Sekolah Dasar. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 02(02), 56–66. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i2.35 Abstrak.
Ramdani, A., & Artayasa, I., P. (2020). Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Inkuiri Terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15394
Sujana, I., G. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Action Research, 4(4), 514–521. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28651
Suparmi, N., W. (2018). Hasil Belajar Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas dan Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Technology, 2(4), 192–196. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16548
Wulandini, I., Hsb, N., S., Sipahutar, M., Sipahutar, R., P., K., & Tarihoran, S. (2022). Studi Literatur : Model Pembelajaran Inquiri Tebimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Biology Education Science & Technologi, 5(2), 109–114.
Yasmini, N., M. (2022). Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 73–80. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/44013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Riris Wahyuni, Ramdhan Witarsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).