Penerapan Metode Inkuiri untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Riris Wahyuni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.148

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Tujuan riset ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang duduk di bangku sekolah dasar dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing pada materi mata pelajaran sains agar dapat mengetahui perbedaan yang relevan pada materi sains. Metode riset yang digunakan metode library research dan metode kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah siswa yang duduk di bangku sekolah dasar kelas IV Sekolah Dasar Negeri 011 Ganting Damai. Hasil riset ini menunjukan bahwa pengaruh pada penerapan metode inkuiri terbimbing terhadap pembelajaran sains di sekolah dasar sangat baik dalam proses pembelajaran karena dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan memodifikasikan sesuatu hal yang telah dipelajari untuk menciptakan suatu hal yang baru serta mampu menciptakan sesuatu hal yang inovatif dalam hasil pengalaman belajarnya. Periset selanjutnya bisa meriset pengalaman belajar siswa yang berkaitan dengan kemampuan membuat produk yang baru dan inovatif.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, K., C., S., Ningsih, E., F., & Syagita, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Berpikir Kreatif Siswa MI dalam Pembelajaran IPA Materi Global Warming. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 70–81.

Detagory, W., N., Hanurawan, F., & Mahanal, S. (2017). Peran Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Transformasi Pendidikan Abad 21, 6(46), 926–933.

Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353–371. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751

Kasmalaili. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di kelas IV SDN 21 Bandar Buat Kec.Lubuk Kilangan. Jurnal Ekasakti Educational, 1(1), 208–2015. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/eej.v1i1.297

Krismanita, R., & Qosyim, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing. E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 159–164. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/37336

Kurniati, F., Soetjipto, & Indana, S. (2018). Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing. 3(1), 15–20. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa%0AMEMBANGUN

Layyina, N., Agustini, R., & Indana, S. (2021). Efektifitas Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Model Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(02), 2005–2015. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p2005-2015

Muliastrini, N., K., E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Lampuhyang, 10(1), 16–30. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/173

Qoyyimah, T., F., & Nugroho, O., F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Pictorial Riddle dalam Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN Gudang. Jurnal Perseda, IV(3), 141–147. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda

Ramadhan, F. A. (2021). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran IPA di Pendidikan Sekolah Dasar. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 02(02), 56–66. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i2.35 Abstrak.

Ramdani, A., & Artayasa, I., P. (2020). Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Inkuiri Terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15394

Sujana, I., G. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Action Research, 4(4), 514–521. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28651

Suparmi, N., W. (2018). Hasil Belajar Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas dan Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Technology, 2(4), 192–196. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16548

Wulandini, I., Hsb, N., S., Sipahutar, M., Sipahutar, R., P., K., & Tarihoran, S. (2022). Studi Literatur : Model Pembelajaran Inquiri Tebimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Biology Education Science & Technologi, 5(2), 109–114.

Yasmini, N., M. (2022). Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 73–80. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/44013

Downloads

Published

2023-03-04

How to Cite

Wahyuni, R., & Witarsa, R. (2023). Penerapan Metode Inkuiri untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 203–209. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.148

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>