Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Asesor PAUD, dan Kinerja melalui Motivasi Kerja

Authors

  • Marsalina Nale Universitas Katholik Widya Mandira Kupang, Indonesia
  • Agapitus Kaluge Universitas Katholik Widya Mandira Kupang, Indonesia
  • Henny Manafe Universitas Katholik Widya Mandira Kupang, Indonesia
  • Simon Sia Niha Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi keempat variabel tersebut dan pengaruh signifikan antar variabel berdasarkan nilai dari jawaban responden pada kuisioner. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode analisis survei. Teknik pengumpulan data atau informasi pada penelitian ini menggunakan data primer yaitu kuisioner. Hasil menunjukan bahwa ada respon dan pengaruh respnden dengan nilai yang bervariasi berdasarkan skala Likert pada gaya kepemimpinanan memiliki kisaran cukup baik hingga baik dengan presentase  limapuluh dua koma tiga puluh empat sampai delapan puluh dua koma tujuh puluh empat persen, kompetensi asesor memiliki kisaran baik dengan presentase delapan puluh dua koma tiga puluh empat sampai delapan puluh dua koma tujuh puluh empat persen, kinerja asesor memiliki kisaran baik dengan presentase tujuh puluh delapan koma sembilan puluh lima sampai delapan puluh empat koma empat puluh dua persen, dan motivasi memiliki kisaran baik dengan kisaran nilai delapan puluh satu koma lima puluh delapan sampai delapan puluh dua koma tiga puluh dua persen. Sedangkan hubungan antara Gaya Kepemimpinan dan Kompetensi Asesor berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Asesor, namun hanya memiliki pengaruh relatif dan tidak signifikan terhadap motivasi. Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Kompetensi Asesor terhadap Kinerja Asesor dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening hanya menunjukan pengaruh yang relatif dan tidak signifikan. Sehingga pada akhirnya, hanya gaya kepemimpinan dan kompetensi asesor yang memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja asesor, sedangkan motivasi hanya memiliki pengaruh tidak signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, A. P., Suharso, P., & Sukidin, S. (2019). Strategi Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pln (Persero) Area Situbondo. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 20-25.

Al, A., Sinring, B., Alam, R., & Dewi, R. (n.d.). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Selatan Di Makassar.

Andriana, J. (2018). Kinerja Guru PAUD ditinjau dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar, dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 83-88.

Anjani, K. M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Lingkungan Kerja Fisik, Non Fisik Terhadap Komitmen Organisasi. 10.

Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di MA Ma’arif Selorejo Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(2), 97–106. https://doi.org/10.30957/konstruk.v7i2.14

Caksana, N. P. E. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening pada SMAN 1 Tulungagung. 4(1).

Dwapatesty, E., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Hubungan Gaya Kepemimpinan Karismatik terhadap Motivasi Kerja Guru. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3000–3006. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1001

Fauzan, F., & Markoni, M. (2022). “Employee Engagement Dan Soft Skill Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Grage Hotel Kota Bengkulu”. Creative Research Management Journal, 5(1), 39-47.

Fiannisa, M., Datuk, B., & Rambe, M. F. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Mediasi. 7.

Fitria, A. M., Utari, W., & Hartati, C. S. (2019). “Pengaruh Lingkungan Kerja, Semangat Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru di SMK Teknologi Bojonegoro”. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(5), 657-669.

Habiburrahman, H., & Suwantara, G. A. (2014). “Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) di Kabupaten Way Kanan”. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(2).

Harmendi, M., Lian, B., & Wardarita, R. (n.d.). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. 2.

Karimudin, Y., Wardana, D. F., Hadjri, M. I., & -, Z. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Disiplin Kerja ASN Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3), 1514–1523. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i3.3705

Kosasih, N. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. 4.

Mooy, D. (2022). “Pengaruh Kompetensi Individu, Disiplin Dan Dukungan Manajemen Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Pelangi Kota Kupang Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi”. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 7(1), 1-14.

Muhsam, J., Widiastuti, I., & Cakranegara, P. A. (2021). Hubungan Antara Respon Siswa Dalam Pembelajaran Atas Motivasi Belajar Kelas IV Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 263. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.263-272.2021

Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh penerapan standar operasional prosedur dan kompetensi terhadap produktivitas kerja karyawan divisi ekspor pt. Dua kuda indonesia. Jurnal ilmiah m-progress, 11(1).

Rahayu, D. A. (2024). Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi, Work Life Balance, Dan Kepemimpinan Terhadap Komitmen Organisasi. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 11(2), 635–649. https://doi.org/10.37606/publik.v11i2.1113

Rukmana, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 81–98. https://doi.org/10.32670/coopetition.v9i1.54

Rustam, R., Murniati, N. A. N., & Wuryandini, E. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Disiplin Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1079–1082. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1298

Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.

Suseno, I., Supeno, S., & Miranti, I. (2017). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris SMP DKI Jakarta. DEIKSIS, 9(01), 90. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.906

Trisna, A., & Guridno, E. (2021). Pengaruh kompensasi, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Saiba Cipta Selaras Kota Jakarta Selatan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 17(2), 127-140.

Tomayahu, L. A., Ibrahim, M., & Lamuda, I. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Dan Standar Operasional Prosedur Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Produktivitas Kerja. 11.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Nale, M., Kaluge, A., Manafe, H., & Niha, S. S. (2024). Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Asesor PAUD, dan Kinerja melalui Motivasi Kerja. Journal of Education Research, 5(3), 3921–3938. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1433

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check