Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.142Abstract
Riset ini dilatarbelakangi oleh ketidakdisiplinan guru saat mengikuti workshop online implementasi kurikulum merdeka. Beberapa guru seringkali enggan untuk mengikuti workshop online tersebut. Tujuan riset ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada guru-guru sekolah dasar negeri enam Selat panjang Selatan. Metode riset yang digunakan metode riset deskriptif kuantitatif. Hasil riset ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada guru-guru sekolah dasar negeri enam Selatpanjang Selatan berada pada kategori sedang. Implementasi kurikulum merdeka pada guru-guru sekolah dasar negeri enam Selatpanjang Selatan harus terus dimotivasi oleh kepala sekolah agar capaian kurikulum merdeka tersebut bisa dicapai secara maksimal. Kepala sekolah harus terus melakukan pendampingan secara intensif dan mengawal pelaksanaan kurikulum tersebut agar capaian hasil belajar siswa sesuai dengan apa yang menjadi tujuan kurikulum merdeka.
Downloads
References
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Armadani, P., Sari, P., K., Abdullah, F., A., & Setiawan, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 341–347. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7527654 p-ISSN:
Daga, A., T. (2022). Penguatan Peran Guru dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary Scholl Educarion Journal) Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 1–24.
Ekawati, R., & Susanti, D. (2022). Analisis Persiapan Guru dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD IV Muhammadiyah Kota Padang. Jurnal Media Ilmu, 1(1), 33–39.
Hasibuan, A., R., H., Aufa, Khairunnisa, L., Siregar, W., A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7411–7419.
Heryahya, A., Herawati, E., S., B., Susandi, A., D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction, 5(2), 548–562. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826
Ikhtiara, T., Jaya, A., Zahratina, H., R., Madalena, D., K., Putri, N., & Suryanda, A. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Biologi di Sekolah Urban. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 216–224. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12940
Jamjemah, Tomo, D., Erlina, & Hartoyo, A. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SDN 47 Penanjung Sekadau. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 119–127. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1722
Jannah, F., Fathuddin, T., I., & Zahra, P., F., A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Jurnal Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65. https://nasional.sindonews.com/newsread/848451/18/problematika-penerapan-kurikulum-merdeka-1659791321/20
Jayawardana, H., B., A., Noviyanti, A., I., Hidayanto, N., E., & Gita, R., S., D. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase Fondasi. Jurnal Of Early Childhood and Inclusive Education, 6(1), 8–15.
Lestari, E., E., Darmansyah, & Desyandri. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 12(2), 131–138. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Nurfitriana, N., & Sari, E. (2021). Analisis Praktik Sosial dalam Berita Pembelajaran Jarak Jauh pada Surat Kabar Daring detik.com edisi Juli 2020. Journal of Education Research, 2(4), 141–146. https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.66
Purani, N., K., C., & Putra, I., K., D., A., S. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 8–12.
Saputra, D., W., & Hadi, M., S. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu tentang Kurikulum Merdeka. Jurnal Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 28–33. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/13216
Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(02), 1348–1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392
Silaswati, D. (2022). Analisis Pemahaman Guru dalam Implementasi Program Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 05(04), 718–723. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/11775
Sudarto, Hafid, A., & Amran, M. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/Tema IPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1(1), 406–417. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25268
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A., H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Sunarni, & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 1613–1620. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/796
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, & Jusrianto. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat, 2(2), 55–62. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/ipmas.2.2.2022.228
Zahro, S., U., Safitri, D., N., N., & Setiawan, E. (2022). Peran Yayasan dalam Mengatasi Problematika Manajemen Sarana Prasarana dan Kurikulum. Journal of Education Research, 3(1), 22–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Syaripudin Syaripudin, Ramdhan Witarsa, Masrul Masrul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).