Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan

Authors

  • Syaripudin Syaripudin S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Masrul Masrul S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.142

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi oleh ketidakdisiplinan guru saat mengikuti workshop online implementasi kurikulum merdeka. Beberapa guru seringkali enggan untuk mengikuti workshop online tersebut. Tujuan riset ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada guru-guru sekolah dasar negeri enam Selat panjang Selatan. Metode riset yang digunakan metode riset deskriptif kuantitatif. Hasil riset ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada guru-guru sekolah dasar negeri enam Selatpanjang Selatan berada pada kategori sedang. Implementasi kurikulum merdeka pada guru-guru sekolah dasar negeri enam Selatpanjang Selatan harus terus dimotivasi oleh kepala sekolah agar capaian kurikulum merdeka tersebut bisa dicapai secara maksimal. Kepala sekolah harus terus melakukan pendampingan secara intensif dan mengawal pelaksanaan kurikulum tersebut agar capaian hasil belajar siswa sesuai dengan apa yang menjadi tujuan kurikulum merdeka.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Armadani, P., Sari, P., K., Abdullah, F., A., & Setiawan, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 341–347. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7527654 p-ISSN:

Daga, A., T. (2022). Penguatan Peran Guru dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary Scholl Educarion Journal) Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 1–24.

Ekawati, R., & Susanti, D. (2022). Analisis Persiapan Guru dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD IV Muhammadiyah Kota Padang. Jurnal Media Ilmu, 1(1), 33–39.

Hasibuan, A., R., H., Aufa, Khairunnisa, L., Siregar, W., A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7411–7419.

Heryahya, A., Herawati, E., S., B., Susandi, A., D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction, 5(2), 548–562. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826

Ikhtiara, T., Jaya, A., Zahratina, H., R., Madalena, D., K., Putri, N., & Suryanda, A. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Biologi di Sekolah Urban. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 216–224. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12940

Jamjemah, Tomo, D., Erlina, & Hartoyo, A. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SDN 47 Penanjung Sekadau. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 119–127. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1722

Jannah, F., Fathuddin, T., I., & Zahra, P., F., A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Jurnal Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65. https://nasional.sindonews.com/newsread/848451/18/problematika-penerapan-kurikulum-merdeka-1659791321/20

Jayawardana, H., B., A., Noviyanti, A., I., Hidayanto, N., E., & Gita, R., S., D. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase Fondasi. Jurnal Of Early Childhood and Inclusive Education, 6(1), 8–15.

Lestari, E., E., Darmansyah, & Desyandri. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 12(2), 131–138. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Nurfitriana, N., & Sari, E. (2021). Analisis Praktik Sosial dalam Berita Pembelajaran Jarak Jauh pada Surat Kabar Daring detik.com edisi Juli 2020. Journal of Education Research, 2(4), 141–146. https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.66

Purani, N., K., C., & Putra, I., K., D., A., S. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 8–12.

Saputra, D., W., & Hadi, M., S. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu tentang Kurikulum Merdeka. Jurnal Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 28–33. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/13216

Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(02), 1348–1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392

Silaswati, D. (2022). Analisis Pemahaman Guru dalam Implementasi Program Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 05(04), 718–723. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/11775

Sudarto, Hafid, A., & Amran, M. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/Tema IPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1(1), 406–417. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25268

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A., H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Sunarni, & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 1613–1620. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/796

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, & Jusrianto. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat, 2(2), 55–62. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/ipmas.2.2.2022.228

Zahro, S., U., Safitri, D., N., N., & Setiawan, E. (2022). Peran Yayasan dalam Mengatasi Problematika Manajemen Sarana Prasarana dan Kurikulum. Journal of Education Research, 3(1), 22–27.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Syaripudin, S., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. Journal of Education Research, 4(1), 178–184. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.142

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3