Pengaruh Metode Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Kognitif
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1138Keywords:
Picture and Picture, Quizizz, KognitifAbstract
Penelitian ini bermula dari nilai ulangan harian siswa di bawah KKM pada sekolah dasar. Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan metode pembelajaran picture and picture yang dibantu oleh Quizizz untuk anak sekolah dasar dengan melibatkan dua puluh dua siswa, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode picture and picture dengan bantuan Quizizz terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa. Metode pembelajaran juga harus bervariasi dan mengikuti perkembangan teknologi di jaman sekarang ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Siswa menunjukkan hasil peningkatan yang signifikan pada kelas tersebut. Siswa menunjukkan minat yang lebih besar dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran picture and picture berbantuan Quizizz, yang mengarah pada hasil kognitif siswa meningkat, lebih aktif berpartisipasi saat pembelajaran, dan memiliki pemahaman materi yang lebih baik. Metode picture and picture terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, temuan ini berkonstribusi positif bagi pengembangan metode pembelajaran yang inovatif.
Downloads
References
Agnafia, D. N., Anfa, Q., Zahrotin, A., & Sutra, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) . Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(2), 187–197. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i2.2953
Agnafia Desi Nuzul. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. 6(1), 45–53.
Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667.
Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, & Tyasmiarni Citrawati. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277
Dharmadewi, A. I. M., & Suwarmayanti, N. W. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw II Dengan Modifikasi Picture And Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Peseta Didik XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, 21(2).
Fatimah. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Mata Pelajaran IPS Materi Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara di Kelas VII SMPN 2 Lambitu Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 351–360. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.59
Gustanu, P., W, S. S., & Setiadi, G. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Quiz-Quizizz sebagai Media Pembelajaran IPAS Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Wonorejo 1 Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3543–3550.
Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sdn 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p25-33
Marlina, L. (2020). Kajian Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(2), 56–61. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i2.14
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Saphira Aulia Ramadhani, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 937. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.937
Setyowati Ririn, Kasanah Aulia Fajar, D. R. R. (2023). Penerapan model pembelajaran mind map berbasis media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar ipa peserta didik kelas iii. 3(1), 17–30. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3529
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sulis Fahmiyati, Desi Nuzul Agnafia, Ririn Setyowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).