Pengaruh Metode Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Kognitif

Authors

  • Sulis Fahmiyati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
  • Desi Nuzul Agnafia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
  • Ririn Setyowati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi

Keywords:

Picture and Picture, Quizizz, Kognitif

Abstract

Penelitian ini bermula dari nilai ulangan harian siswa di bawah KKM pada sekolah dasar. Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan metode pembelajaran picture and picture yang dibantu oleh Quizizz untuk anak sekolah dasar dengan melibatkan dua puluh dua siswa, tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode picture and picture dengan bantuan Quizizz terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa. Metode pembelajaran juga harus bervariasi dan mengikuti perkembangan teknologi di jaman sekarang ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Siswa menunjukkan hasil peningkatan yang signifikan pada kelas tersebut. Siswa menunjukkan minat yang lebih besar dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran picture and picture berbantuan Quizizz, yang mengarah pada  hasil kognitif siswa meningkat, lebih aktif  berpartisipasi saat pembelajaran, dan memiliki pemahaman materi yang lebih baik. Metode picture and picture terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, temuan ini berkonstribusi positif bagi pengembangan metode pembelajaran yang inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnafia, D. N., Anfa, Q., Zahrotin, A., & Sutra, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) . Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(2), 187–197. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i2.2953

Agnafia Desi Nuzul. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. 6(1), 45–53.

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667.

Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, & Tyasmiarni Citrawati. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277

Dharmadewi, A. I. M., & Suwarmayanti, N. W. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw II Dengan Modifikasi Picture And Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Peseta Didik XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, 21(2).

Fatimah. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Mata Pelajaran IPS Materi Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara di Kelas VII SMPN 2 Lambitu Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 351–360. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.59

Gustanu, P., W, S. S., & Setiadi, G. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Quiz-Quizizz sebagai Media Pembelajaran IPAS Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Wonorejo 1 Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3543–3550.

Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sdn 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p25-33

Marlina, L. (2020). Kajian Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(2), 56–61. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i2.14

Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.

Saphira Aulia Ramadhani, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 937. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.937

Setyowati Ririn, Kasanah Aulia Fajar, D. R. R. (2023). Penerapan model pembelajaran mind map berbasis media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar ipa peserta didik kelas iii. 3(1), 17–30. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3529

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Fahmiyati, S., Agnafia, D. N., & Setyowati, R. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Journal of Education Research, 5(2), 2050–2056. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1138

Issue

Section

Articles