Analisis Transformasi Mengajar Guru Sekolah Dasar Daerah Perbatasan, Berbasis TPACK(Technology Pedagogical Content Knowledge) dalam Bingkai Kurikulum Merdeka
Analisis Transformasi Mengajar Guru Sekolah Dasar Daerah Perbatasan, Berbasis TPACK(Technology Pedagogical Content Knowledge) dalam Bingkai Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1102Keywords:
Kurikulum Merdeka, Guru, Metode TPACK, Daerah PerbatasanAbstract
Penelitiani ini bertujuan untuk menganalisis transformasi mengajar Guru Sekolah Dasar Daerah Perbatasan berbasis TPACK dalam bingkai Kurikulum Medeka. Hal ini menjadi sebuah urgensi penelitian pada Guru di daerah perbatasan, karena adanya tuntutan mengajar pada kurikulum merdeka dimana para Guru harus beradaptasi dengan teknologi. Metode yang digunakan adalah penelitian studi kasus atas tahapan transformasi mengajar Guru dalam bingkai kurikulum merdeka. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa angket, wawancara dan observasi lapangan. Angket dibagikan kepada responden tanggal tiga dan empat April tahun dua ribu dua puluh empat, wawancara pada tanggal dua puluh lima dan dua puluh enam April sementara observasi dilakukan satu kali dalam satu minggu pada sepanjang bulan April, di sekolah tempat penelitian yakni SDN sebelas Semangak dan SDN kosong tujuh Sebalo. Subyek penelitian ini adalah para Guru berjumlah sepuluh orang, lima dari SDN sebelas Semangak dan lima dari SDN kosong tujuh. Dari hasil data angket ditemukan bahwa pemahaman Guru akan kurikulum merdeka dan pemahaman akan teknologi sudah cukup baik, hal ini terbukti dari persentase jawaban reponden masing-masing mencapai tujuh puluh persen dan delapan puluh lima persen. Namun pengimplementasian teknologi dalam proses pembelajaran masih cukup rendah dengan persentase empat puluh persen. demikian pula tingkat penerapan metode TPACK dalam proses pembelajaran hanya mencapai empat puluh persen. Selain itu dari data wawancara menunjukan adanya linieritas dengan jawaban angket terutama tingkat keterpahaman akan kurikulum merdeka dan teknologi, namun dalam pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran masih cukup rendah. Sementara data hasil observasi menunjukan bahwa, para Guru sebenarnya sudah mulai menerapkan model pembelajaran TPACK namun belum maksimal, dimana para Guru sudah mulai menerapkan metode Pedagogical Knowledge dan Content Knowledge dalam proses pembelajaran, pemanfaatan teknologi juga sudah mulai diterapkan namun masih secara sporadis tergantung tingkat keterpahaman Guru yang mengajar.
Downloads
References
A. M. Nadiem. (2020). Pemaparan program guru dalam peluncuran merdeka belajar episode 5 tentang “Guru Penggerak. https://youtu.be/X6vP4AkEsLM
Ammade, S., Mahmud, M., Jabu, B., & Tahmir, S. (2020). TPACK Model Based Instruction in Teaching Writing: An Analysis on TPACK Literacy. International Journal of Language Education, 4, 129–140. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.12441
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian (1st ed.). Rineka Cipta.
Budijarto, A. (2018). Pengaruh Perubahan Sosial terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Jurnal Lemhannas RI, 6, 5–21. https://jurnal.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/118
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches, 3rd. Washington: Sage Publications, 5, 29–43.
Durdu, L., & Dag, F. (2017). Pre-Service Teachers’ TPACK Development and Conceptions through a TPACK-Based Course. Australian Journal of Teacher Education, 42, 150–171. https://doi.org/https://doi.org/10.14221/ajte.2017v42n11.10
Fitriyah, C. Z. dan R. P. W. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria Universitas Jember: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12. file:///C:/Users/User/Downloads/6515-Article Text-31066-1-10-20220929.pdf
Gomm, R., Hammersley M., & Foster, P. (Eds. . (2000). Case study method. Key issues, key texts. Sage Publications, Inc.
Irfani, D., Hapsari, S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7, 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/FBC.7.1.51-60
Kurnianingsih, I. dkk. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. JPKM, 3, 62–63.
Mishra, P. dan M. J. K. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 6, 1017–1058. https://one2oneheights.pbworks.com/f/MISHRA_PUNYA.pdf
Nandana Aditya Bhaswara, dkk. (2022). Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. In 1 (1st ed., pp. 1–118). Direktorat Jenderal PAUD Dikdas dan Dikmen Mendikbudristek. https://pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/bukuelektronik/public/assets/img/flipbook/Laporan Kinerja Ditjen PAUDDasmen 2022.pdf
Nofrion, Wijiyanto, B., Wilis, R., & Novio, R. (2018). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Geografi di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Geografi, 10, 105. https://www.researchgate.net/publication/327706933_Analisis_Technological_Pedagogical_and_Content_Knowledge_TPACK_Guru_Geografi_di_Kabupaten_Solok_Sumatera_Barat
Noor, K. B. M. (2008). Case study; A strategic research methodology. Am. J. Appl. Sci, 5, 1602–1604.Priska, V., Helena , A., Apriyon, Y., Arlianto, A., P. (2019). Kegiatan Transfer Pengetahuan Dengan Metode Drill Terhadap Siswa Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Bengkayang Daerah Perbatasan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jpkm: Unimed, 1–25.
Schmidt A., D. dkk. (2009). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers. Journal of Research and Technology Education, XLII (2), 123–149. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ868626.pdf
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14, 88–99. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53
Siprianus J. (2022). Menelisik Proses Adaptasi Teknologi pada Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Perbatasan Kalimantan Barat. Dalam Transformasi Pendidikan dalam Era Digital dan Merdeka Belajar. 91–98.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suyamto, Joko, Mohammad Masykuri, S. (2020). Analisis Kemampuan TPACK(Technology Pedagogical Content Knowledge) Guru Biologi SMA dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9, 44–53. https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri
Tono Supriatno. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI: Inovasi Kurikulum, 19, 251 – 262. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/45301
Wahyuni, D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Menuju Era Revolusi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 10, 13–18. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-X-24-II-P3DI-Desember-2018-218.pdf
Wijaya, A., Mustofa, M. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2, 46–50. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/puruhita/article/view/42325
Y. S. (Eds. . Denzin, N. K., & L. (2011). The SAGE handbook of qualitative research,” in 1, 1st ed. New York: Sage Publications, Inc, 39–47.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Siprianus Jewarut, Margaretha Lidya Sumarni, Usman Usman, Blasius Manggu, Hendrikus Torimtubun, Helfra Durasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).