Analisis Transformasi Mengajar Guru Sekolah Dasar Daerah Perbatasan, Berbasis TPACK(Technology Pedagogical Content Knowledge) dalam Bingkai Kurikulum Merdeka

Analisis Transformasi Mengajar Guru Sekolah Dasar Daerah Perbatasan, Berbasis TPACK(Technology Pedagogical Content Knowledge) dalam Bingkai Kurikulum Merdeka

Authors

  • Siprianus Jewarut PGSD, Institut Shanti Bhuana, Indonesia
  • Margaretha Lidya Sumarni PGSD, Institut Shanti Bhuana, Indonesia
  • Usman Usman Kewirausahaan, Institut Shanti Bhuana, Indonesia
  • Blasius Manggu Manajemen, Institut Shanti Bhuana, Indonesia
  • Hendrikus Torimtubun PGSD, Institut Shanti Bhuana, Indonesia
  • Helfra Durasa Program Studi S3 Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1102

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Guru, Metode TPACK, Daerah Perbatasan

Abstract

Penelitiani ini bertujuan untuk menganalisis transformasi mengajar Guru Sekolah Dasar Daerah Perbatasan berbasis TPACK dalam bingkai Kurikulum Medeka. Hal ini menjadi sebuah urgensi penelitian pada Guru di daerah perbatasan, karena adanya tuntutan mengajar pada kurikulum merdeka dimana para Guru harus beradaptasi dengan teknologi. Metode yang digunakan adalah penelitian studi kasus atas tahapan transformasi mengajar Guru dalam bingkai kurikulum merdeka. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa angket, wawancara dan observasi lapangan. Angket dibagikan kepada responden tanggal tiga dan empat April tahun dua ribu dua puluh empat, wawancara pada tanggal dua puluh lima dan dua puluh enam April sementara observasi dilakukan satu kali dalam satu minggu pada sepanjang bulan April, di sekolah tempat penelitian yakni SDN sebelas Semangak dan SDN kosong tujuh Sebalo. Subyek penelitian ini adalah para Guru berjumlah sepuluh orang, lima dari SDN sebelas Semangak dan lima dari SDN kosong tujuh. Dari hasil data angket ditemukan bahwa pemahaman Guru akan kurikulum merdeka dan pemahaman akan teknologi sudah cukup baik, hal ini terbukti dari persentase jawaban reponden masing-masing mencapai tujuh puluh persen dan delapan puluh lima persen. Namun pengimplementasian teknologi dalam proses pembelajaran masih cukup rendah dengan persentase empat puluh persen. demikian pula tingkat penerapan metode TPACK dalam proses pembelajaran hanya mencapai empat puluh persen. Selain itu dari data wawancara menunjukan adanya linieritas dengan jawaban angket terutama tingkat keterpahaman akan kurikulum merdeka dan teknologi, namun dalam pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran masih cukup rendah. Sementara data hasil observasi  menunjukan bahwa, para Guru sebenarnya sudah mulai menerapkan model pembelajaran TPACK namun belum maksimal, dimana para Guru sudah mulai menerapkan metode Pedagogical Knowledge dan Content Knowledge dalam proses pembelajaran, pemanfaatan teknologi juga sudah mulai diterapkan namun masih secara sporadis tergantung tingkat keterpahaman Guru yang mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. M. Nadiem. (2020). Pemaparan program guru dalam peluncuran merdeka belajar episode 5 tentang “Guru Penggerak. https://youtu.be/X6vP4AkEsLM

Ammade, S., Mahmud, M., Jabu, B., & Tahmir, S. (2020). TPACK Model Based Instruction in Teaching Writing: An Analysis on TPACK Literacy. International Journal of Language Education, 4, 129–140. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.12441

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian (1st ed.). Rineka Cipta.

Budijarto, A. (2018). Pengaruh Perubahan Sosial terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Jurnal Lemhannas RI, 6, 5–21. https://jurnal.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/118

Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches, 3rd. Washington: Sage Publications, 5, 29–43.

Durdu, L., & Dag, F. (2017). Pre-Service Teachers’ TPACK Development and Conceptions through a TPACK-Based Course. Australian Journal of Teacher Education, 42, 150–171. https://doi.org/https://doi.org/10.14221/ajte.2017v42n11.10

Fitriyah, C. Z. dan R. P. W. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria Universitas Jember: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12. file:///C:/Users/User/Downloads/6515-Article Text-31066-1-10-20220929.pdf

Gomm, R., Hammersley M., & Foster, P. (Eds. . (2000). Case study method. Key issues, key texts. Sage Publications, Inc.

Irfani, D., Hapsari, S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7, 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/FBC.7.1.51-60

Kurnianingsih, I. dkk. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. JPKM, 3, 62–63.

Mishra, P. dan M. J. K. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 6, 1017–1058. https://one2oneheights.pbworks.com/f/MISHRA_PUNYA.pdf

Nandana Aditya Bhaswara, dkk. (2022). Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. In 1 (1st ed., pp. 1–118). Direktorat Jenderal PAUD Dikdas dan Dikmen Mendikbudristek. https://pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/bukuelektronik/public/assets/img/flipbook/Laporan Kinerja Ditjen PAUDDasmen 2022.pdf

Nofrion, Wijiyanto, B., Wilis, R., & Novio, R. (2018). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Geografi di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Geografi, 10, 105. https://www.researchgate.net/publication/327706933_Analisis_Technological_Pedagogical_and_Content_Knowledge_TPACK_Guru_Geografi_di_Kabupaten_Solok_Sumatera_Barat

Noor, K. B. M. (2008). Case study; A strategic research methodology. Am. J. Appl. Sci, 5, 1602–1604.Priska, V., Helena , A., Apriyon, Y., Arlianto, A., P. (2019). Kegiatan Transfer Pengetahuan Dengan Metode Drill Terhadap Siswa Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Bengkayang Daerah Perbatasan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jpkm: Unimed, 1–25.

Schmidt A., D. dkk. (2009). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers. Journal of Research and Technology Education, XLII (2), 123–149. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ868626.pdf

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14, 88–99. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53

Siprianus J. (2022). Menelisik Proses Adaptasi Teknologi pada Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Perbatasan Kalimantan Barat. Dalam Transformasi Pendidikan dalam Era Digital dan Merdeka Belajar. 91–98.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suyamto, Joko, Mohammad Masykuri, S. (2020). Analisis Kemampuan TPACK(Technology Pedagogical Content Knowledge) Guru Biologi SMA dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9, 44–53. https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri

Tono Supriatno. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI: Inovasi Kurikulum, 19, 251 – 262. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/45301

Wahyuni, D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Menuju Era Revolusi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 10, 13–18. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-X-24-II-P3DI-Desember-2018-218.pdf

Wijaya, A., Mustofa, M. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2, 46–50. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/puruhita/article/view/42325

Y. S. (Eds. . Denzin, N. K., & L. (2011). The SAGE handbook of qualitative research,” in 1, 1st ed. New York: Sage Publications, Inc, 39–47.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Jewarut, S., Sumarni, M. L., Usman, U., Manggu, B., Torimtubun, H., & Durasa, H. (2024). Analisis Transformasi Mengajar Guru Sekolah Dasar Daerah Perbatasan, Berbasis TPACK(Technology Pedagogical Content Knowledge) dalam Bingkai Kurikulum Merdeka: Analisis Transformasi Mengajar Guru Sekolah Dasar Daerah Perbatasan, Berbasis TPACK(Technology Pedagogical Content Knowledge) dalam Bingkai Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(2), 2155–2163. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1102

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)