Pengaruh Self-Eficacy Guru, Beban Kerja, dan Stres Kerja Terhadap Profesionalitas Guru TK di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut

Authors

  • Janatul Ma’wa Magister Pendidikan Guru PAUD, Universitas Lambung Mangkurat
  • Novitawati Novitawati Magister Pendidikan Guru PAUD, Universitas Lambung Mangkurat
  • Noorhapizah Noorhapizah Magister Pendidikan Guru PAUD, Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

Self Efficacy, Beban Kerja, Stres, Profesional Guru

Abstract

Tercapainya tujuan pendidikan di TK berkaitan erat dengan kinerja guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Self efficacy, beban kerja, dan stress kerja guru diduga memberikan pengaruh terhadap profesionalitas kerja seorang guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung self-efficacy guru, beban kerja dan stres kerja terhadap profesionalitas guru TK di Kec. Bati-Bati Kab. Tanah Laut. Penelitian ini adalah kuantitatif melalui korelasi dan analisis jalur. Sampel penelitian 112 guru menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur. Hasil analisis nilai koefisien regresi variabel self-efficacy terhadap profesionalitas guru 0,564, variabel beban kerja terhadap profesionalitas guru -0,254, variabel stres kerja terhadap profesionalitas guru sebesar -0,187, variabel self-efficacy terhadap stres kerja -0,221, variabel beban kerja terhadap stres kerja 0,605, variabel self-efficacy terhadap profesionalitas guru melalui stres kerja 1.864 dan variabel beban kerja terhadap profesionalitas guru melalui stres kerja sebesar -1.6144. Terdapat pengaruh langsung secara parsial antara self-efficacy, beban kerja dan stres kerja terhadap profesionalitas guru. Terdapat pengaruh tidak langsung  self-efficacy terhadap profesionalitas guru melalui stres kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adicondro, N. (2017). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self regulated learning pada Siswa PAUD. Humanitas, Vol. VIII, No. 1 , 17-27

Agarwal dan Mishra. (2019). Self Efficacy as Predictor of Organizational Commitment among Revenue Personnel. The Internaional Journal of Indian Psychology, 3(4), 44–52

Akmaludin dan Faizah. (2020). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Beban Kerja dengan Stres Kerja Guru SMAN Se-Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan). Vol 5, No 1

Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press

Antonius. (2020). Beban Kerja Dan Stres Kerja. Pasuruan: CV. Penerbit Kiara Media

Ardiansyah, Aslamiah dan Saleh (2022). Hubungan Efikasi Diri, terhadap Kinerja Guru melalui Beban Kerja dan Stres Kerja di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Labuan Amas. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Chamariyah. (2015). Realtionship of Self Efficacy and Assertiveness, Self Esteem Against Discipline and Performeance of Privat School Teachers’ in Banjarbaru North Ditrict. Journal of K6, Education, and Management (j-K6EM). ISSN: 2580-2135. Vol. 2, No. 1, 2019

Hariyanto. (2018). Analisis Beban Kerja. Bandung: Alfabeta

Hartini, Efendi dan Saleh (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru melalui Beban Kerja dan Stres Kerja Guru SDN SDN Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin. International Journal of Social Science And Human Research. ISSN(print): 2644-0679, ISSN(online): 2644-0695. Volume 05 Issue 09 Agustus 2022

Haryono (2017). Manajemen Model Pembelajaran Edutainment di Taman Kanak-Kanak Alifya Bondowoso. Humanitas, 8(1), 17–27

Hidayat (2015). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press

Koesomowidjojo. (2017). Analisis Beban Kerja. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Markiah, Ngadimun dan Efendi (2022) Pengaruh Beban Kerja, Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kompetensi Kerja Kerja terhadap Prestasi Kerja Guru PAUD di Kecamatan Lampihong. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Nisnawati, Ngadimun dan Suhaimi. (2020) Hubungan Beban Kerja, Stress Kerja, dan Kompetensi Profesionalitas Guru dengan Kinerja Pada Guru (Studi Observational Analitik di Sekolah Menengah Kejuruan Banjarbaru). Journal of K6, Education, and Management (j-K6EM). ISSN: 2580-2135. Vol. 2, No. 1

Nugroho (2022). Pengaruhi Efikasi Diri, Beban Kerja dan Disiplin terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Kertasari Kecamatan Bandung . Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol 6. No.3. Pg.351-355

Pratiwi (2021). Pengaruh Efikasi Diri (Self-Efficacy) terhadap Beban Kerja dan Kinerja Guru (Studi Pada Guru PAUD Di Kecamatan Grabag Semarang. Jurnal Prima Edukasi. Vol 3. No 2

Pratiwi dan Shabrina, M. N. (2021). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741-1753.

Rahman (2019). Pengaruh Efikasi Diri Guru, Beban Kerja dan Stres Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Susut Kabupaten Bangli. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 5, No 1

Rahman, Suriansyah dan Asniwati (2022) Contribution of Self-Efficacy, Job Stress and Teacher Satisfaction to Competence of Elementary School Teachers in East Banjarmasin District. International Journal of Social Science And Human Research. ISSN(print): 2644-0679, ISSN(online): 2644-0695. Volume 05 Issue 09 Agustus 2022

Raihana. (2018). Urgensi Sekolah PAUD untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol1 (1).

Rasmawan, R (2019). Kompetensi Profesional Guru Indonesia. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Undiksha Volume 11 Nomor 1.

Runiartha, Dantes. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Guru, Stres Kerja dan Disiplin Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru dalam Membangun Kemandirian Anak di Sekolah Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Susut Kabupaten Bangli. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 5, No 1

Sari dan Septianti (2022) Beban Kerja, Stres Kerja dan Motivasi Berprestasi dengan Kompetensi Pedagogik Pada Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 6(2), 71–77. https://doi.org/10.26740/jptt.v6n2.p71-77

Syafrani, Lini. (2021). Self Efficacy and Collective Efficacy Beliefs Of Teacher For Children With Autism. Literacy Information and Computer Education Journal (LICEJ), 3(1).

Teresia dan Suriansyah (2019). Hubungan Efikasi Diri dan Beban Kerja melalui Stres Kerja dengan Profesionalitas Kerja Guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Palajau Barabai Tesis. Banjarmasin: Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat

Wahyuni (2022). Hubungan Kompetensi Guru, Beban Kerja Fisik/Mental dan Stres Kerja dengan Kinerja Pada Guru Di Lembaga PAUD Kabupaten Hulu Sungai Tengah. International Journal of Scientific Development and Research (IJSDR) ISSN: 2455-2631

Yogisutatnti (2019). Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik dan Prakti, Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 6(1), 26-34

Yuniwati dan Royalna. (2021). Analisis Beban Kerja dan Produktivitas Kerja (cetakan 1). Yayasan Kita Menulis.

Yunus, Muhammad. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Kompetensi guru, dan Stres Kerja terhadap Profesionalitas Mengajar Guru SMK Negeri Kecamatan Denpasar Selatan e-Journal Ganesha Volume 4 hal 1-13.

Yusutria. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini melalui Peningkatan Profesional Guru. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 27–32. https://doi.org/http:doi.org/10.29313/ga.v3i1.4828

Zakiya. (2019). Pengembangan Keprofesionalan Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 3(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.196

Hairiyati, Sulaiman dan Novitawati (2022). The Influence of Principal Managerial Activities and workload through Self-Efficacy of Elementary School Teachers in South Paringin District. International Journal of Social Science And Human Research. Volume 05 Issue 06 June 2022. DOI: 10.47191/ijsshr/v5-i6-104, Impact factor- 5.871

Hasanah, Sulaiman dan Novitawati. (2022). The Influence of PAUD Head Supervision, Teacher Self-Efficacy in Teaching on Teacher Job Stress through Professional Competence of Playgroup Teachers in North Amuntai District. International Journal of Social Science And Human Research. Volume 05 Issue 06 June 2022. DOI: 10.47191/ijsshr/v5-i6-104, Impact factor- 5.871

Norhapizah, Akrim dan Suriagiri (2022). The influence of school principal supervision, Self-Efficacy, and work satisfaction on teachers’ performance. Cypriot Journal of Educational Sciences. Volume 17, Issue 7, (2022) 2523-2537

Rusdiana, Suriansyah, Noorhapizah. (2022). The Influence of Competence, Workload, and work stress Teachers with Work Motivation as an Intervening Variable of State Elementary School in Batumandi District. International Journal of Social Science And Human Research Vol 21 (112)

Yanti Susilawati, Suhaimi, dan Noorhapizah. (2021). Relationship of Transformational Leadership, Workload with Self-Efficacy through Teacher Performance. Journal of Advances in Education and Philosophy. DOI: 10.36348/jaep.2021.v05i11.004

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Ma’wa, J., Novitawati, N., & Noorhapizah, N. (2024). Pengaruh Self-Eficacy Guru, Beban Kerja, dan Stres Kerja Terhadap Profesionalitas Guru TK di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Journal of Education Research, 5(2), 2138–2149. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1096

Issue

Section

Articles

Categories