Pengaruh Self-Eficacy Guru, Beban Kerja, dan Stres Kerja Terhadap Profesionalitas Guru TK di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1096Keywords:
Self Efficacy, Beban Kerja, Stres, Profesional GuruAbstract
Tercapainya tujuan pendidikan di TK berkaitan erat dengan kinerja guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Self efficacy, beban kerja, dan stress kerja guru diduga memberikan pengaruh terhadap profesionalitas kerja seorang guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung self-efficacy guru, beban kerja dan stres kerja terhadap profesionalitas guru TK di Kec. Bati-Bati Kab. Tanah Laut. Penelitian ini adalah kuantitatif melalui korelasi dan analisis jalur. Sampel penelitian seratus dua belas guru menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur. Hasil analisis nilai koefisien regresi variabel self-efficacy terdapat pengaruh langsung secara parsial antara self-efficacy, beban kerja dan stres kerja terhadap profesionalitas guru. Terdapat pengaruh tidak langsung self-efficacy terhadap profesionalitas guru melalui stres kerja.
Downloads
References
Adicondro, N. (2017). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self regulated learning pada Siswa PAUD. Humanitas, Vol. VIII, No. 1 , 17-27
Agarwal dan Mishra. (2019). Self Efficacy as Predictor of Organizational Commitment among Revenue Personnel. The Internaional Journal of Indian Psychology, 3(4), 44–52
Akmaludin dan Faizah. (2020). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Beban Kerja dengan Stres Kerja Guru SMAN Se-Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan). Vol 5, No 1
Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Antonius. (2020). Beban Kerja Dan Stres Kerja. Pasuruan: CV. Penerbit Kiara Media
Ardiansyah, Aslamiah dan Saleh (2022). Hubungan Efikasi Diri, terhadap Kinerja Guru melalui Beban Kerja dan Stres Kerja di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Labuan Amas. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Chamariyah. (2015). Realtionship of Self Efficacy and Assertiveness, Self Esteem Against Discipline and Performeance of Privat School Teachers’ in Banjarbaru North Ditrict. Journal of K6, Education, and Management (j-K6EM). ISSN: 2580-2135. Vol. 2, No. 1, 2019
Hariyanto. (2018). Analisis Beban Kerja. Bandung: Alfabeta
Hartini, Efendi dan Saleh (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru melalui Beban Kerja dan Stres Kerja Guru SDN SDN Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin. International Journal of Social Science And Human Research. ISSN(print): 2644-0679, ISSN(online): 2644-0695. Volume 05 Issue 09 Agustus 2022
Haryono (2017). Manajemen Model Pembelajaran Edutainment di Taman Kanak-Kanak Alifya Bondowoso. Humanitas, 8(1), 17–27
Hidayat (2015). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Koesomowidjojo. (2017). Analisis Beban Kerja. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Markiah, Ngadimun dan Efendi (2022) Pengaruh Beban Kerja, Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kompetensi Kerja Kerja terhadap Prestasi Kerja Guru PAUD di Kecamatan Lampihong. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Nisnawati, Ngadimun dan Suhaimi. (2020) Hubungan Beban Kerja, Stress Kerja, dan Kompetensi Profesionalitas Guru dengan Kinerja Pada Guru (Studi Observational Analitik di Sekolah Menengah Kejuruan Banjarbaru). Journal of K6, Education, and Management (j-K6EM). ISSN: 2580-2135. Vol. 2, No. 1
Nugroho (2022). Pengaruhi Efikasi Diri, Beban Kerja dan Disiplin terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Kertasari Kecamatan Bandung . Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol 6. No.3. Pg.351-355
Pratiwi (2021). Pengaruh Efikasi Diri (Self-Efficacy) terhadap Beban Kerja dan Kinerja Guru (Studi Pada Guru PAUD Di Kecamatan Grabag Semarang. Jurnal Prima Edukasi. Vol 3. No 2
Pratiwi dan Shabrina, M. N. (2021). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741-1753.
Rahman (2019). Pengaruh Efikasi Diri Guru, Beban Kerja dan Stres Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Susut Kabupaten Bangli. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 5, No 1
Rahman, Suriansyah dan Asniwati (2022) Contribution of Self-Efficacy, Job Stress and Teacher Satisfaction to Competence of Elementary School Teachers in East Banjarmasin District. International Journal of Social Science And Human Research. ISSN(print): 2644-0679, ISSN(online): 2644-0695. Volume 05 Issue 09 Agustus 2022
Raihana. (2018). Urgensi Sekolah PAUD untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol1 (1).
Rasmawan, R (2019). Kompetensi Profesional Guru Indonesia. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Undiksha Volume 11 Nomor 1.
Runiartha, Dantes. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Guru, Stres Kerja dan Disiplin Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru dalam Membangun Kemandirian Anak di Sekolah Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Susut Kabupaten Bangli. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 5, No 1
Sari dan Septianti (2022) Beban Kerja, Stres Kerja dan Motivasi Berprestasi dengan Kompetensi Pedagogik Pada Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 6(2), 71–77. https://doi.org/10.26740/jptt.v6n2.p71-77
Syafrani, Lini. (2021). Self Efficacy and Collective Efficacy Beliefs Of Teacher For Children With Autism. Literacy Information and Computer Education Journal (LICEJ), 3(1).
Teresia dan Suriansyah (2019). Hubungan Efikasi Diri dan Beban Kerja melalui Stres Kerja dengan Profesionalitas Kerja Guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Palajau Barabai Tesis. Banjarmasin: Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat
Wahyuni (2022). Hubungan Kompetensi Guru, Beban Kerja Fisik/Mental dan Stres Kerja dengan Kinerja Pada Guru Di Lembaga PAUD Kabupaten Hulu Sungai Tengah. International Journal of Scientific Development and Research (IJSDR) ISSN: 2455-2631
Yogisutatnti (2019). Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik dan Prakti, Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 6(1), 26-34
Yuniwati dan Royalna. (2021). Analisis Beban Kerja dan Produktivitas Kerja (cetakan 1). Yayasan Kita Menulis.
Yunus, Muhammad. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Kompetensi guru, dan Stres Kerja terhadap Profesionalitas Mengajar Guru SMK Negeri Kecamatan Denpasar Selatan e-Journal Ganesha Volume 4 hal 1-13.
Yusutria. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini melalui Peningkatan Profesional Guru. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 27–32. https://doi.org/http:doi.org/10.29313/ga.v3i1.4828
Zakiya. (2019). Pengembangan Keprofesionalan Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 3(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.196
Hairiyati, Sulaiman dan Novitawati (2022). The Influence of Principal Managerial Activities and workload through Self-Efficacy of Elementary School Teachers in South Paringin District. International Journal of Social Science And Human Research. Volume 05 Issue 06 June 2022. DOI: 10.47191/ijsshr/v5-i6-104, Impact factor- 5.871
Hasanah, Sulaiman dan Novitawati. (2022). The Influence of PAUD Head Supervision, Teacher Self-Efficacy in Teaching on Teacher Job Stress through Professional Competence of Playgroup Teachers in North Amuntai District. International Journal of Social Science And Human Research. Volume 05 Issue 06 June 2022. DOI: 10.47191/ijsshr/v5-i6-104, Impact factor- 5.871
Norhapizah, Akrim dan Suriagiri (2022). The influence of school principal supervision, Self-Efficacy, and work satisfaction on teachers’ performance. Cypriot Journal of Educational Sciences. Volume 17, Issue 7, (2022) 2523-2537
Rusdiana, Suriansyah, Noorhapizah. (2022). The Influence of Competence, Workload, and work stress Teachers with Work Motivation as an Intervening Variable of State Elementary School in Batumandi District. International Journal of Social Science And Human Research Vol 21 (112)
Yanti Susilawati, Suhaimi, dan Noorhapizah. (2021). Relationship of Transformational Leadership, Workload with Self-Efficacy through Teacher Performance. Journal of Advances in Education and Philosophy. DOI: 10.36348/jaep.2021.v05i11.004
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Janatul Ma’wa, Novitawati Novitawati, Noorhapizah Noorhapizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).