P Pentingnya SIM-PKB bagi Guru dan Tenaga Kependidikan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1044Keywords:
SIM PKB, Guru, Tenaga KependidikanAbstract
Latar Belakang: Teknologi informasi adalah sumber pengolahan data, penyimpan dan pengiriman data. Pelayanan pendidikan melalui sistem informasi manajemen sangat membantu guru dan tenaga kependidikan dalam segala proses informasi dan proses pengambilan keputusan. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui Pentingnya Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan Jenis kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil Penelitian : bahwa SIM PKB sangat penting bagi para guru dan tenaga kependidikan untuk mengakses berbagai peluang pengembangan profesional yang relevan dan terkini. Kesimpulan : Dalam pengguna SIM PKB memerlukan dukungan teknis dan pelatihan untuk memahami dan menggunakan sistem secara efektif, sehingga SIM PKB berjalan sesuai dengan tujuannya dan memberikan manfaat yang diharapkan serta tidak menghambat pertukaran informasi dan kerja sama antar berbagai unit atau lembaga pendidikan
Downloads
References
Abdul Majid. 2017. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung:PT Remaja Rosda Karya. Cetakan 13.
Dalyono dalam Danim, S. dan Kahairil 2016. Profesi Kependidikan. Bandung Penerbi Alfabeta
Damayanti and Nina, N. (2019) „Sistem Informasi Manajemen Penggajian Dan Penilaian Kinerja Pegawai Pada Smk Taman Siswa Lampung‟, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(4),
Dewi,M.K. (2018) Skala Usaha dan Umur usaha yang mempengaruhi penggunaan Sistem Informasi Akuntansi (Jurnal Pundi, 2 (3) 241-252 http://doi.org/10.31575/jp.v2i3.89
Hartono, D., & Rachmawati, L. (2022). "Pengaruh SIM-PKB terhadap Kualitas Pengajaran dan Hasil Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.
Kemdikbud Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Buku 1 Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan hlm. 1.
Munawir, L. A. (2018:7). Sistem Informasi Manajemen. Aceh: Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Aceh
Permennag PAN dan RB No.16 Tahun 2009, tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
Priyanto, A., et al. (2023). "Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Kinerja Guru." Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
Susilo, R., & Nugroho, T. (2023). "Analisis Partisipasi dan Motivasi Guru dalam Penggunaan SIM-PKB." Jurnal Manajemen Pendidikan.
Sumiati, T. (2023). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Keprofesian. Jurnal Tahsinia, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.356
Sugioyono.(2019) Metodoogi Penelitian kuantitatif dan kualitatif R&D.Bandung. Alfabet
Undang-undang No. 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Undang-undang No. 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Vindi Agustiandra, “Persepsi Guru Terhadap Penerapan Sistem Informasi Manajemen Akademik Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 3 Padang” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, Vol, 8, no. 1 (Februari 2019).
Wardhani, N., & Aziz, M. (2018). Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya manusia Berbasis WEB (studi kasus: pt. Klik teknologi indonesia).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Velnika Elmanisar, Ahmad Sabandi, Irsyad Irsyad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).